ASIAN GAMES 2018

Anies Resmikan Instalasi Seni Bambu Rp550 Juta di Bundaran HI

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 19:41 WIB
Anies Resmikan Instalasi Seni Bambu Rp550 Juta di Bundaran HI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama seniman pembuat instalasi seni bambu Joko Avianto meresmikan instalasi seni bambu di dekat Bundaran Hotel Indonesia, Kamis (16/8). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan instalasi seni bambu yang berada di dekat Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Instalasi seni bambu dengan nama 'Getih Getah' tersebut merupakan hasil karya dari seniman Joko Avianto.

Anies mengatakan proses pembuatan instalasi bambu tersebut terbilang singkat. Ia mengaku baru menghubungi Joko selaku senimannya dua minggu yang lalu.


Saat itu, kata Anies, ia menjelaskan keinginannya untuk membuat sebuah karya seni dari material khas Indonesia dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018.

"Jadi bambu adalah salah satu material asli Indonesia yang memiliki keuletan yang luar biasa," kata Anies di lokasi peresmian, Kamis (16/8).

Anies kemudian memberikan tantangan kepada Joko untuk bisa membuat karya seni dengan memanfaatkan bambu yang merupakan material khas Indonesia.

"Bikin kami orang Indonesia bangga dengan bambu Indonesia, hari ini kita merasa bangga dengan bambu Indonesia itu," ujarnya.

Anies Resmikan Instalasi Seni Bambu Rp550 Juta di Bundaran HIInstalasi bambu di kawasan Bundaran HI menyambut Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Untuk biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu tersebut, menurut Anies menelan biaya Rp550 juta. Biaya tersebut merujuk bantuan dari 10 BUMD DKI.

"Biaya sekitar Rp 550-an (juta) kemudian dikonsorsium oleh 10 BUMD kalau enggak salah," ucap Anies.

Lebih dari itu, Anies menyampaikan instalasi seni bambu tersebut hanya akan bertahan selama 6 hingga 12 bulan saja.

Kendati demikian, menurut Anies, bambu justru memiliki keunggulan dibanding material lain karena merupakan material yang mudah didaur ulang.

"Ya keunggulan bambu adalah biodegradable, sehingga otomatis didaur ulang alam," katanya.

Di kesempatan sama, Anies juga sekaligus membagikan peta transportasi Jakarta kepada warga ibu kota di seputar Bundaran HI. Peta tersebut dibuat oleh Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ).

Menurut Anies peta tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan warga.

"Ini sebagai bentuk kolaborasi, karena warga menjadi kreator," ujarnya.

Anggota FDTJ Adriansyah mengatakan peta tersebut dibuat dan dibagikan dalam rangka Asian Games.

Ia berharap warga Jakarta serta para turis yang datang untuk menyaksikan Asian Games terbantu untuk mencari moda transportasi.

Andriansyah menyebut pembuatan peta tersebut telah dilakukan sejak tahun 2017. Dan untuk menyambut Asian Games kali ini, pihaknya mencetak 10ribu peta untuk dibagikan kepada masyarakat. (wis)