Asian Games 2018

Jalan Sudirman-Thamrin Steril dari Metromini dan Kopaja

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Sabtu, 18/08/2018 05:25 WIB
Jalan Sudirman-Thamrin Steril dari Metromini dan Kopaja Trayek-trayek yang dialihkan itu adalah Metromini S640 (Pasar Minggu-Tanah Abang), Metromini P15 (Senen-Setiabudi), dan Kopaja P19 (Tanah Abang-Ragunan). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengalihkan sejumlah rute trayek Metromini dan Kopaja yang melintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin selama Asian Games 2018. Hal itu dilakukan setelah masa uji coba yang dilakukan mulai Rabu (15/8).

Kepala Dishub DKI Andri Yansyah mengatakan trayek-trayek yang dialihkan itu adalah Metromini S640 (Pasar Minggu-Tanah Abang), Metromini P15 (Senen-Setiabudi), dan Kopaja P19 (Tanah Abang-Ragunan).

"Selama masa uji coba, kami memberikan pengumuman sekaligus pemahaman mengenai pengalihan trayek itu kepada para sopir Metromini dan Kopaja. Kami sudah menyiapkan rute alternatif untuk pengalihan itu," ujar Andri, Jumat (17/8) seperti dikutip dari Antara.



Dia mengatakan untuk rute-rute pengalihan itu yakni Metromini S640 akan melewati Tanah Abang-Jalan KH Mas Mansyur-Stasiun Karet-Citywalk Sudirman-Sampoerna Strategic Square-ITC Kuningan-Mal Ambassador-Jalan Casablanca-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto-RS Medistra-Jalan Raya Pasar Minggu.

Kemudian, rute Metromini P15 akan melewati Senen-Jalan Kembang Pacar-Kanwil DJKN-Kwitang_Tugu Tani 2-Telkom-Balai Kota-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Lombok-Jalan Sultan Syahrir-Jalan Imam Bonjol-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof DR Satrio-Jalan Karet Sawah-UKI.

Sedangkan rute Kopaja P19 akan melewati Tanah Abang-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Manggala Wanabakti-TVRI-Jalan Asia Afrika-Mustopo-Jalan Hang Tuah-Jalan Raden Patah-Jalan Trunojoyo-JAlan Iskandarsyah-Jalan Wijaya 2-Jalan Darmawangsa 3-Jalan Prapanca Buntu-Arteri-Jalan Mutiara-Jalan Ampera Raya-Lingkar Luar Harsono RM-Terminal Ragunan.

Sebelumnya, pada 14 Agustus lalu, Andri mengatakan selama masa uji coba pihaknya memberi toleransi dan hanya memberi peringatan jika ada yang melanggar.

Namun, itu akan ditindak saat diberlakukan kala Asian Games 2018 dimulai yakni pada 18 Agustus-2 September mendatang. Pada pembukaan besok yang digelar di Gelora Bung Karno setidaknya lima jalur dialihkan.

(Antara/kid)