PPP Tunjuk Wakil Ketua ACTA Jadi Direktur di Timses Jokowi

Ramadhan Rizki, CNN Indonesia | Jumat, 17/08/2018 19:29 WIB
PPP Tunjuk Wakil Ketua ACTA Jadi Direktur di Timses Jokowi Sekjen PPP Arsul Sani menyatakan pihaknya tak mempermasalahkan Ade Irfan yang merupakan kader PPP juga diketahui terlibat dalam ACTA. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PPP Asrul Sani mengaku telah menunjuk Wakil Sekjen Bidang Hukum DPP PPP, Ade Irfan Pulungan untuk mengisi jabatan sebagai Direktur IX bidang Hukum dan Advokasi tim pemenangan Jokowi-Maruf Amin.

"Iya benar [Ade Irfan yang dipilih]," kata Asrul saat dihubungi CNNIndonesia.com pada Jumat (17/8).

Ade Irfan saat ini diketahui tercatat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) selain menjabat sebagai Wasekjen PPP.



ACTA sendiri telah mendeklarasikan diri untuk mendukung dan memberikan bantuan hukum kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 pada 5 Agustus 2018 lalu.

Asrul mengatakan penunjukan Ade Irfan sebagai Direktur Bidang Hukum dan Advokasi sangat wajar karena dia adalah kader PPP dan memiliki kapasitas yang sangat mumpuni di bidang hukum.

"Dia kan memang kader PPP, dia juga wakil sekjen PPP bidang hukum," ujarnya.

Selain itu, Asrul juga menilai Ade turut aktif dalam kelompok advokat ACTA yang kerap kali membantu persoalan hukum bagi masyarakat kecil yang membutuhkan.

Asrul pun tak mempersoalkan bahwa ACTA tempat Ade bernaung telah mendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Ia hanya mengatakan langkah Ade untuk bergabung ke organisasi atau kelompok advokat merupakan sesuatu yang biasa terjadi.

"Ini kan dia aktif dalam kelompok advokat ACTA ya. Jadi enggak apa-apa wajar dong masuk dalam kelompok pengacara apapun, enggak jadi soal," pungkasnya.


Sebelumnya, posisi Direktur IX bidang Hukum dan Advokasi tim pemenangan Jokowi-Maruf Amin masih kosong, karena PPP belum menunjuk kadernya untuk menempati posisi tersebut.

Ada 11 direktorat dalam struktur tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf yang dipimpin seorang ketua yang berasal dari partai politik pendukung.

Dalam 11 direktorat itu, politikus PDIP Aria Bima dipercaya sebagai Direktur I yang mengawal bidang Perencanaan, Jadwal, Acara, Fund Raising, dan Talent. Direktur II Bidang Konten yang bertugas untuk penyusunan visi misi, debat, desain kreatif dijabat nama dari PSI Fiki Satari.

Direktur III Bidang Komunikasi Politik dijabat Saur Hutabarat dari NasDem. Direktur IV Bidang Media dan Sosial dijabat Yadi Hendriyana dari Perindo. Politikus Hanura Beni Ramdani menjabat Direktur V bidang Kampanye, lalu Direktur VI bidang Pemilih Muda dijabat politikus PKPI Adi Kusuma.

Hajriyanto Thohari dari Golkar dipercaya untuk memimpin Direktur VII bagian Penggalangan dan Jaringan. Sedangkan Politikus Golkar Marsma TNI (Purn) Usro Harahap menjabat Direktur VIII Logistik dan APK.

(kid/kid)