PDIP: Ada Pesan di Balik Aksi Motor Jokowi di Asian Games

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 13:48 WIB
PDIP: Ada Pesan di Balik Aksi Motor Jokowi di Asian Games Presiden Jokowi naik motor ke acara pembukaan Asian Games 2018. (INASGOC/Dhoni Setiawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan ada pesan yang hendak disampaikan Presiden Joko Widodo di balik aksi mengendarai sepeda motor dalam pembukaan Asian Games 2018, malam tadi.

Hasto tak mau ambil pusing dengan kritik sejumlah pihak yang menyebut Jokowi menggunakan stuntman atau pemeran pengganti untuk mengendari motor tersebut.

"Yang kita lihat adalah pesannya bagaimana seorang pemimpin memberi kesempatan kepada orang menyeberang, melindungi," ujar Hasto saat ditemui di posko pemenangan Cemara, Menteng, Jakarta, Minggu (19/8).

Dalam video yang diputar saat pembukaan Asian Games itu, terlihat Jokowi mengendarai motor berjenis naked bike lantaran terkendala macet dalam perjalanan menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno.


Mengenakan setelan jas kenegaraan dan helm, Jokowi melintasi gang kecil dan sempat berhenti untuk memberi kesempatan bagi anak sekolah berseragam Pramuka menyeberang jalan.

Hasto menyebut aksi itu sebagai bentuk kepemimpinan Jokowi yang selalu hadir di tengah rakyat. Tak hanya melalui video itu, menurutnya, Jokowi juga menunjukkan dengan mendoakan para korban gempa NTB di sela pembukaan Asian Games.

"Kepemimpinan Pak Jokowi kan hadir di situ. Artinya segala sesuatu itu komprehensif dilihat menyeluruh, bukan sekadar pencitraan, harus satu kepaduan sikap dan tindakan," tuturnya.

Hasto pun tak mempermasalahkan jika Jokowi kemudian disebut curi waktu kampanye meski masa kampanye pilpres belum dimulai. Ia menegaskan bahwa dalam pembukaan Asian Games, Jokowi berperan sebagai kepala negara.

"Ya kalau kampanye juga enggak apa-apa, orang presiden incumbent," selorohnya. (gil)