Saddum So, Stuntman Aksi Motor Jokowi di Asian Games 2018

SAH, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 15:09 WIB
Saddum So, Stuntman Aksi Motor Jokowi di Asian Games 2018 Pemeran pengganti Presiden Joko Widodo melambaikan tangan ke para penonton. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi Presiden Joko Widodo pada pembukaan Asian Games 2018 Sabtu (18/8) malam ramai jadi perbincangan masyarakat. Maklum, mantan Walikota Solo itu melakukan hal yang tak biasa pada pembukaan pesta olah raga terbesar se-Asia itu.

Tidak seperti biasanya, Jokowi datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menggunakan Moge, sembari melakukan aksi-aksi berbahaya seperti selap-selip di kemacetan Jakarta, stoppie, hingga jumping.

Namun, ternyata buka Jokowi sendiri yang melakukan aksi itu. Diketahui dia dibantu oleh seorang pemeran pengganti atau stuntman.


Adalah Saddum So, Stuntman pengganti Jokowi asal negeri gajah, Thailand yang mengendarai motor Yamaha FZ1 hitam tersebut. Hal itu terungkap dari postingan Saddum tertanggal 3 Agustus 2018 yang tengah mengendarai motor yang dikaitkan dengan tali.

Saddum So, Stuntman pengganti Jokowi asal negeri gajah, Thailand.Saddum So, Stuntman pengganti Jokowi asal negeri gajah, Thailand. (Dok. Instagram/@saddum)
Jika membandingkan dengan video aksi Jokowi di pembukaan Asian Games 2018, foto tersebut serupa dengan adegan jumping Jokowi saat melompati truk.

Pemilik nama asli Withithep Komolhiran ini diketahui adalah seorang stunt rider sepeda motor asal Thailand yang namanya cukup dikenal di kalangan freestyler di Thailand dan Indonesia.

Saddum kerap kali tampil dan menunjukan aksinya di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. Pada Maret 2018 lalu misalnya dia menjadi salah satu penampil dalam acara Stunt Show Tour 2.0 di Selangor, Malaysia.

Saddum memang piawai menari di atas motor-motor dengan mesin kapasitas besar. Aksi-aksi seperti stoppie, wheelie, hingga burn out pernah dia coba di berbagai motor seperti Kawasaki KSR, Benelli RFS 150i, dan CBR650R.
Sebelumnya, dalam video yang ditayangkan oleh pemegang hak siar resmi Asian Games 2018 menayangkan sebuah film pendek menggambarkan perjalanan rombongan Jokowi dari Istana Bogor menuju stadion GBK.

Dalam film itu Jokowi digambarkan melakukan berbagai aksi akrobat layaknya film action dengan menunggangi motor hingga melayang demi menerabas kemacetan.

Setibanya di GBK, Jokowi dengan motornya berkeliling lapangan sambil melambaikan tangan kepada penonton sebelum menghilang ke belakang panggung.

Aksi Jokowi itu pun mengundang sorak-sorai penonton di stadion malam itu.

[Gambas:Video CNN] (mik)