Gerindra Tak Khawatir Jokowi-Maruf Rebut Dukungan Rizieq

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 22:49 WIB
Gerindra yakin Rizieq Shihab masih mendukung Prabowo Subianto, meski ada kemungkinan kubu Jokowi merebut dukungan itu setelah Ma'ruf berencana menemui Rizieq. Gerindra yakin Rizieq Shihab masih mendukung Prabowo Subianto, meski ada kemungkinan kubu Jokowi merebut dukungan itu setelah Ma'ruf berencana menemui Rizieq. (REUTERS/Raisan Al Farisi/Pool).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengaku pihaknya tak cemas ketika kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin berupaya meraih dukungan dari Rizieq Shihab. Ferry yakin Rizieq mengalirkan dukungan kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang diusung partainya bersama PKS, PAN, dan Demokrat.

"Habib Rizieq sih dukung kita, yang berharap kan yang sebelah sana (kubu Jokowi-Ma'ruf)," kata Ferry di kantor CSIS, Jakarta, Senin (20/8).

Ferry menganggap selama ini hubungan pihaknya dengan Rizieq baik-baik saja. Tidak ada masalah yang membuat hubungan dengan Rizieq menjadi renggang.


Ferry merujuk dari Ijtima Ulama yang merekomendasikan Prabowo sebagai satu-satunya capres meski ada dua nama opsi cawapres, yakni Salim Segaf Aljufri dan Ustaz Abdul Somad. Karenanya, dia menyimpulkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut tetap akan mendukung Prabowo.

"Kita sih enggak ada masalah dengan Habib Rizieq," ucap Ferry.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pereira mengamini bahwa pihaknya berupaya meraih dukungan dari Rizieq. Langkah itu akan diupayakan melalui Ma'ruf Amin yang akan bertolak ke Mekah, Arab Saudi.

"Maruf bisa menjembatani dari kelompok-kelompok yang selama ini tertutup kepada Pak Jokowi. Ini memang mediasi yang dilakuKan Pak Ma'ruf," kata Andreas di kantor CSIS, Jakarta, Senin (20/8).

Ma'ruf tak menutup kans dirinya bertemu dengan Rizieq Shihab di Mekkah, Arab Saudi. Dia tidak menampik, tidak pula mengiyakan.

Kedatangan Ma'ruf di Mekkah guna memenuhi undangan salah satu Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk mengisi khutbah kepada Jamaah Calon Haji (JCH) yang wukuf di Arafah dan Silaturahim Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17.

"Kita lihat nanti," kata Ma'ruf, sembari tertawa, saat ditemui usai acara Silaturahim Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17 di Jarwal, Mekkah, Sabtu (18/8) dikutip dari Antara.

Rizieq hingga saat ini masih berada di Arab Saudi. Dia belum kembali ke Indonesia pascakasus dugaan percakapan pornografinya dengan Firza Husein. (osc/osc)