13 Daerah Kucurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Rabu, 22/08/2018 00:29 WIB
Kementerian Dalam Negeri menyebut sembilan provinsi dan empat kabupaten/kota telah menyampaikan bantuannya untuk penanganan dampak gempa Lombok. Ilustrasi gempa Lombok. (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat sedikitnya terdapat 13 daerah yang sudah menyampaikan bantuan untuk membantu penanganan gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar menjelaskan ketiga belas daerah telah berkonsultasi dengan pihaknya dan menyampaikan bantuan kepada masyarakat NTB.

Ketiga belas daerah tersebut terdiri dari sembilan pemerintah provinsi dan empat kabupaten kota.



Ditingkat pemerintahan provinsi, bantuan diberikan oleh Jawa Barat, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Banten. Sedangkan ditingkat kabupaten kota, bantuan diberikan pemerintah Palangkaraya, Tangerang, Liamapuluh, dan Banjarnegara.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirim surat kepada gubernur seluruh Indonesia berisi permohonan bantuan keuangan untuk menangani dampak bencana gempa bumi di Pulau Lombok.

Berdasarkan salinan surat yang diberikan Kemendagri kepada wartawan, surat Pemprov NTB tersebut bernomor 900/1206/BPKAD/2018 bersifat 'segera'.


Surat ditandatangani Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin di Mataram, 6 Agustus lalu dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Dalam surat juga tertulis bahwa Pemprov NTB membutuhkan dana yang relatif besar.

"Kami mohon agar dapat diberikan bantuan keuangan untuk penanganan tanggap darurat dimaksud," demikian bunyi penggalan surat tersebut. (agi/agi)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK