PKS Klaim Struktur Tim Kampanye Tinggal Masukkan Nama

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 05:48 WIB
PKS Klaim Struktur Tim Kampanye Tinggal Masukkan Nama Sekjen PKS menyebut struktur tim kampanye Prabowo-Sandi hanya tinggal memasukkan nama dengan struktur telah terpeta hingga level kecamatan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal mengklaim struktur tim kampanye nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno telah mencapai tahap akhir.

Dia membenarkan bahwa tahap selanjutnya hanya tinggal memasukkan nama ke posisi yang ada dalam strkutur tim kampanye nasional.

"Sudah mantap," kata Mustafa usai bertemu dengan sejumlah sekjen dan petinggi Gerindra, Demokrat, dan PAN.


Mustafa mengatakan bakal ada pemantapan dalam struktur tim kampanye nasional. Menurutnya, hal itu akan terus dikomunikasikan dengan pimpinan seluruh parpol pengusung.

Komunikasi akan dilakukan secara bertahap agar benar-benar optimal ketika memasukkan nama ke dalam struktur tim kampanye. Mustafa mengatakan simpatisan serta tokoh di luar parpol juga akan turut dilibatkan dalam proses finalisasi.


"Jangan sampai ada yang luput potensi dari bangsa ini tidak terwakili dalam timses ini," kata Mustafa.

Mustafa belum mau membeberkan siapa yang akan didapuk sebagai ketua tim kampanye. Dia hanya mengatakan bahwa parpol pengusung Prabowo-Sandi akan mengumumkan jika telah tiba waktunya.

"Jangan mendahului pimpinan," ucap Mustafa.

Mustafa juga belum mau merinci seperti apa bentuk struktur tim kampanye Prabowo-Sandi setelah mengadakan pertemuan dengan para sekjen pada Senin (27/8). Dia mengaku para peserta rapat ingin melaporkan terlebih dahulu kepada pimpinan masing-masing.

Kabar terakhir perihal struktur tim kampanye Prabowo-Sandiaga yakni pada 16 Agustus lalu. Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono mengamini bahwa struktur akan terdiri dari 8 direktorat.


Ada direktorat galangan dan relawan, logistik, hukum, kampanye, informasi dan teknologi, saksi. Kemudian ada direktorat komunikasi dan media, serta direktorat program dan kebijakan.

Direktorat program dan kebijakan akan menjadi think tank dalam tim pemenangan Prabowo-Sandiaga. Direktorat tersebut bertanggung jawab atas manajemen isu. Selain itu, juga bertugas mengkoordinir tim debat kandidat.

Dalam diagram struktur tim kampanye Prabowo-Sandiaga, Dewan Pembina berada di pucuk hierarki. Di bawahnya ada Dewan Penasehat, Dewan Pengarah, dan Dewan Pakar.

Kemudian, di bawah sejumlah dewan tersebut, ada Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal), Ketua dan 4 wakil ketua, konsultan politik serta juru bicara. Di bawahnya ada sekretaris, bendahara, dan juru kampanye nasional.


Di bawahnya lagi, barulah 8 direktorat yang sebelumnya telah diuraikan. Nantinya, juga akan ada direktur eksekutif dan satuan tugas yang berada di bawah 8 direktorat tersebut.

Di tingkat terbawah yang terjun ke lapangan langsung secara taktis, ada koordinator DPD sebanyak 34 orang, koordinator daerah pemilihan (dapil) 80 orang, koordinator kabupaten/kota 514 orang, serta koordinator kecamatan 7.094 orang.

"Akan terus disempurnakan sampai final," ucap Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono melalui pesan singkat, Kamis (16/8). (end)