Kekeringan, Warga Pegadungan Konsumsi Air Sungai Keruh

Aryo Putranto, CNN Indonesia | Sabtu, 01/09/2018 21:47 WIB
Kekeringan, Warga Pegadungan Konsumsi Air Sungai Keruh Ilustrasi kekeringan. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat mengeluh mengalami kesulitan air bersih selama enam bulan belakangan. Alhasil, mereka terpaksa menggunakan air dari Kali Maja yang keruh buat kebutuhan rumah tangga.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemkot Jakbar, Yunus Burhan mengatakan warga RW 02 Kelurahan Pegadungan telah meminta pasokan air bersih kepada Perusahaan Air Minum Daerah. Namun, sampai detik ini harapan itu belum terwujud.


"Mereka sudah mengusulkan 6 bulan lalu. Tapi, kenapa belum ada. Nanti kami bawa permasalahan ini untuk dibahas di tingkat kota, sekaligus mengundang pihak Perusahaan Air Minum Daerah," kata Yunus di Jakarta, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu (1/9).


Warga tidak bisa mengandalkan air sumur karena keruh, bau dan terasa asin sehingga tidak layak diminum. Bahkan saat musim kemarau panjang, tidak keluar air sama sekali. Sedangkan, air Kali Maja berwarna hijau, berlumut dan terkadang keruh.

Pelaksana Tugas Camat Kalideres, Endang P. Handayani mengakui karena kesulitan air bersih, warga akhirnya memilih mencuci pakaian di Kali Maja. Endang menyebutkan perusahaan air minum daerah baru menyuplai empat tangki air bersih untuk warga RW 02 Pegadungan.

"Hari ini ada 4 tangki air yang dikirim ke warga RW 02 Pegadungan. Satu tangki air berisi kurang lebih 4000 liter," ujarnya.