Sandi Maju Pilpres, Nasib Sayembara Sepatu Belum Jelas

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 07:01 WIB
Sandi Maju Pilpres, Nasib Sayembara Sepatu Belum Jelas Sandiaga Uno mengenakan sneaker saat masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Jakarta, Selasa (17/10/2017). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sayembara sepatu yang digelar oleh Sandiaga Uno saat masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta belum mendapatkan pemenang. Padahal, Sandi sudah melepaskan jabatannya di DKI dan maju di Pemilu 2019.

Ketua Panitia Pelaksana Sayembara Sepatu Bang Sandi, Laja Lapian, memastikan sayembara tersebut terus berjalan. Namun, ia masih belum bisa menjelaskannya secara rinci perihal keberlanjutan sayembara tersebut.

"Kami akan ada meeting untuk finalisasi," kata Laja saat dikonfirmasi, Senin (3/9).


November 2017 atau sebulan setelah dilantik, Sandi menggelar sayembara untuk mencari sepatu nyaman dan sesuai untuk mendukung aktivitasnya sebagai wakil gubernur.

Saat awal menjabat, Sandi memang lebih memilih menggunakan sepatu jenis sneaker dibanding jenis pantofel saat berdinas. Alasannya, mampu menunjang mobilitas kerja. Namun, hal itu tidak sesuai dengan Pergub Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas.

Karenanya, ia membuat sayembara agar bisa mencari sepatu yang sesuai aturan namun tetap bisa mendukung aktivitasnya yang mobile.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kanan) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) berkeliling kompleks Balai Kota, di Jakarta, Selasa (17/10/2017). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kanan) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) berkeliling kompleks Balai Kota, di Jakarta, Selasa (17/10/2017). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Selain soal kebutuhannya akan sepatu yang nyaman, Sandi pun ingin sayembara tersebut mampu menggerakkan ekonomi rakyat atau UMKM.

Ia kemudian menjanjikan akan memberikan hadiah perjalan ke Italia kepada pemenang dengan uang pribadinya.

Namun hingga saat ini pemenang sayembara belum juga ditentukan. Sementara, Sandi sudah melepas jabatan sebagai wakil gubernur karena maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019.

Berdasarkan situs sepatubangsandi.com, tahapan pengumuman pemenang sayembara seharusnya sudah diumumkan pada 14 Februari. Kemudian ada informasi tambahan di halaman depan situs bahwa pengumumannya menjadi 27 Juni 2018.

Namun hingga kini nyatanya pemenang sayembara sepatu masih belum diumumkan pada situs tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan Irwandi mengatakan pihaknya terus mengupayakan semua program yang dibuat oleh Sandi selama menjabat sebagai wakil gubernur bisa terus berjalan. Termasuk soal sayembara sepatu tersebut.

Bakal capres Prabowo Subianto dan bakal cawapres Sandiaga Uno, di RSPAD, Jakarta, Senin, 13 Agustus.Bakal capres Prabowo Subianto dan bakal cawapres Sandiaga Uno, di RSPAD, Jakarta, Senin, 13 Agustus. (CNN Indonesia/Safir Makki)
"Akan tetap diupayakan, akan diteruskan semua pekerjaan yang dikerjakan Pak Wagub dulu," ujarnya.

Namun untuk hadiah bagi pemenang sayembara, Irwandi mengaku masih belum bisa memastikan apakah akan menggunakan dana APBD atau tidak. Nantinya, kata Irwandi, pihaknya akan lebih dulu berkoodinasi dengan pimpinan, termasuk dengan wakil gubernur yang baru.

"Konsultasikan dengan pimpinan dulu dan oleh penerusnya," kata Irwandi.

(arh/sur)