Dilantik Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Pamit ke Warga Bandung

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 17:37 WIB
Dilantik Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Pamit ke Warga Bandung Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil akan dilantik oleh Presiden Jokowi besok, (5/9), di Istana Negara. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo akan melantik Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (5/9).

Surat dari Kementerian Dalam Negeri telah diterima Pemerintah Kota Bandung, Selasa (4/9). Surat bernomor T.121/7055/Segera yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono menyatakan pelantikan Ridwan Kamil akan digelar pada pukul 09.00 WIB.

Ridwan mengaku memperoleh radiogram tersebut saat memimpin rapat di Pendopo Kota Bandung sekitar pukul 14.00 WIB.


"Sebelumnya saya dapat surat yang menyatakan tidak dilantik besok. Tetapi tadi sekitar satu jam yang lalu, saya menerima surat dari Dirjen Otda yang menyatakan dilantik besok. Jadi tadi sedang rapat pun akhirnya berhenti karena saya harus menyiapkan untuk pelantikan," kata Ridwan di Bandung.

Dengan rencana pelantikan tersebut, Ridwan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga Kota Bandung.

"Mohon maaf lahir batin kalau ada kekurangan dan kekhilafan selama lima tahun terakhir. Tetapi yakinlah, saya sudah bekerja keras siang malam demi Kota Bandung. Sebanyak 345 penghargaan adalah saksi sejarahnya," tuturnya.

Ridwan pun memastikan akan terus membantu warga Kota Bandung meski telah menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Jangan khawatir. Saya akan menolong warga Kota Bandung dengan cara yang baru yaitu sebagai gubernur Jabar," janjinya.

Untuk pelantikan besok, Emil, sapaannya, berencana memboyong istri, anak, ibu, dan mertuanya ke Istana Negara. Karena sang istri, Atalia Kamil masih sakit, ia pun akan menyiapkan kursi roda.

"Tidak mungkin saya tidak menghadirkan istri saya. Karena ini merupakan momen paling penting di hidup saya," tutur Emil.

Soal jabatan Wali Kota Bandung yang kosong, ia mengatakan otomatis akan langsung diisi oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial hingga masa jabatan Wali Kota Bandung selesai pada 16 September mendatang. Setelah itu akan ada pejabat yang mengisinya.


(hyg/wis)