Belum Ada Solusi Permanen, Anies Tak Copot Jaring Kali Item

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 04/09/2018 18:42 WIB
Belum Ada Solusi Permanen, Anies Tak Copot Jaring Kali Item Jaring masih dipasang di atas Kali Sentiong alias Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya tidak akan mencopot waring atau jaring hitam yang dipasang di atas Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Sejauh ini masih (dipasang), belum dicopot," kata Anies di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

Anies menyebut selama jaring itu masih memberikan manfaat maka jaring tidak akan dicopot.



Jaring itu diketahui dipasang guna mengurangi bau tidak sedap dari Kali Item selama pelaksanaan Asian Games. Sebab, Kali Item berada persis di samping Wisma Atlet.

"Selama itu masih di sana, masih bermanfaat kita tinggal dulu di situ sampai nanti dirasa sudah enggak perlu," tuturnya.

Menurut Anies pemasangan jaring tersebut sebenarnya tak hanya untuk Asian Games saja, tetapi memang menjadi solusi sementara sampai nantinya ada solusi permanen untuk mengatasi permasalahan Kali Item.

"Ini yang kita siapkan solusi untuk airnya itu yang harus permanen," ucap Anies.


Anies menjelaskan masalah yang terjadi di sungai-sungai yang ada di Jakarta dikarenakan masalah limbah industri dan rumah tangga.

Belum Ada Solusi Permanen, Anies Tak Copot Jaring Kali ItemGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Karenanya, Anies ingin agar ada pengelolaan limbah yang baik sehingga tidak mencemari air sungai Jakarta.

"Tanpa ada pengelolaan limbah yang baik di rumah-rumah, maka tidak ada artinya kita membersihkan hanya di hilir saja, kelihatannya rapi, baik, tapi sesungguhnya tidak menyelesaikan masalah," kata Anies.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan mengatakan sampai saat ini belum menerima perintah dari Anies untuk mencopot jaring Kali Item.

Rencananya, kata Teguh, pemasangan jaring di atas Kali Item tersebut tetap akan dilakukan hingga pelaksanaan Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018.

"Iya tetap lanjut (sampai Asian Para Games)," kata Teguh, Senin (3/9).

Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memasang waring atau jaring hitam di atas Kali Item untuk mengurangi bau tak sedap. Pemasangan jaring tersebut sempat menuai pro dan kontra dari berbagai pihak.

Selain memasang jaring, Pemprov juga menggunakan alat nano bubble serta cairan penghilang bau untuk mengurangi bau tidak sedap yang dihasilkan Kali Item.
(pmg)