Andi Arief Bela Roy Suryo soal Aset Kemenpora

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 10:47 WIB
Andi Arief Bela Roy Suryo soal Aset Kemenpora Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo, di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (11/4). (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief meragukan kabar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menyebut masih ada 3.226 jenis Barang Milik Negara (BMN) yang dibawa oleh Roy Suryo pascalengser dari jabatan Menpora.

Ia bahkan menyebut Menpora saat ini, Imam Nahrawi, untuk mengonfirmasi daya tampung rumah menteri itu.

"Apa mungkin sebesar rumah dinas menteri ada 3.226 jenis barang? Rumah siapa yang jenis barangnya sebanyak itu? Apa rumah Pak @imam_nahrawi ?" cuitnya, melalui akun pribadinya di Twitter, Rabu (5/9).



"Coba ditelisik, rumah sebesar apa sih yang jenis barangnya 3.226? Tidak mungkin rumen menteri jumlah barangnya sebanyak itu. Rumah konglomerat saja tidak akan sebanyak itu barangnya," ia melanjutkan.

Andi pun meminta KPK untuk memeriksa isi rumah dinas Imam Nahrawi, yang merupakan kader PKB.

"KPK diharapkan juga memeriksa rumah dinas Menpora @imam_nahrawi, jangan-jangan juga ada 3.226 jenis barang di sana dengan asumsi seriap rumah Menpora sama barang negara yang ada di sana," tuturnya.

Hal itu dikatakannya terkait dengan surat Kemenpora kepada Roy bernomor 5-2-3/SET.BIII/V/2018 tertanggal 1 Mei yang ditandatangani Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto.

Isinya, permintaan kepada Roy, yang juga merupakan kader Partai Demokrat, agar mengembalikan BMN setelah tak lagi menjabat Menpora. Hal itu didasarkan hasil pemeriksaan BPK terkait masih ada sebanyak 3.226 unit BMN yang dianggap belum dikembalikan Roy.

Andi menduga bahwa surat Kemenpora itu terkait dengan komentar kritis Roy terkait penyelenggaraan Asian Games 2018.


"Jangan karena Roy Suryo yang berkomentar kritis soal Asian Games lalu Kemenpora berbuat sesukanya soal 3.226 jumlah barang di rumah dinas menteri," ucap dia.

Menurutnya, Roy berjasa besar saat menjadi utusan resmi negara saat penentuan tuan rumah Asian Games 2018, di Seoul, Korea Selatan. Di saat yang sama, barang-barang di rumah Roy tengah diangkut.

"Roy Suryo sebagai menpora adalah salah satu utusan resmi 2012 2014 memperjuangkan asian games di Indonesia. Bahkan saat pindahan rumah dia sedang di seoul rapat penentuan Asian Games 2018," tutur Andi.

Sebelumnya, Roy sudah membantah kabar ada ribuan jenis barang milik negara yang dibawa pascalengser dari kursi Menpora. Ia menyebut semua barang sudah dikembalikan.

(sur)