Jokowi Minta Asian Para Games Gratis Bagi Difabel

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 10:26 WIB
Jokowi Minta Asian Para Games Gratis Bagi Difabel Presiden Joko Widodo menginstruksikan bawahannya untuk mempermudah akses bagi kalangan difabel selama Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya agar memberi akses gratis bagi kalangan difabel atau penyandang disabilitas untuk menonton Asian Para Games 2018, di Jakarta, 6-13 Oktober.

"Saya minta akses gratis bagi penyandang disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Para Games," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (7/9).

Jokowi menyatakan penyelenggaraan Asian Games bulan lalu dapat menjadi pelajaran serta acuan untuk Asian Para Games. Hal-hal baik dalam penyelenggaraan ajang itu, menurutnya, sudah sepatutnya bisa ditingkatkan lagi.


Hal itu disampaikan langsung di hadapan Ketua Penyelenggara Asian Para Games atau Inapgoc Raja Sapta Oktohari, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Saya minta momentum kesuksesan Asian Games telah kita raih dilanjutkan kembali pada penyelenggaraan Asian Para Games. Kita ingin jadi tuan rumah baik, memberikan pelayanan maksimal," tutur mantan Wali Kota Solo ini.

Acara bertaraf internasional ini terdiri dari 18 cabang olahraga yang akan dihadiri 2.880 atlet serta sekitar 1.826 ofisial.

Presiden berharap seluruh jajaran bisa memastikan akses bagi disabilitas, kesiapan venue, teknis pelaksanaan, wisma atlet, serta transportasi atlet.

"Ini semua akan jadi pengalaman berharga dalam menyelenggarakan event-event berkelas dunia," ucapnya.

(arh/pmg)