Bajaj Melintas di Trotoar Harmoni Terancam Sanksi

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Sabtu, 15/09/2018 05:40 WIB
Bajaj Melintas di Trotoar Harmoni Terancam Sanksi Ilustrasi bajaj di Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan Jakarta Pusat mengatakan kendaraan bajaj yang melintas di trotoar dapat dikenakan sanksi karena melintas di jalur yang bukan diperuntukkan kendaraan.

Satu unit bajaj diketahui melintas di trotoar yang berada di kawasan Harmoni, Jakarta. Peristiwa itu pun diunggah oleh akun instagram @jakarta_terkini.

Dalam rekaman video itu pun terlihat seorang pemuda yang menghalangi bajaj supaya tidak melintas di trotoar tersebut. Sementara di sisi jalan raya tampak kendaraan tersendat karena macet.



Usai berdebat dengan pejalan kaki tersebut, pengemudi bajaj itu pun memutar balik kendaraannya.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak mengatakan baru pertama kali melihat bajaj yang melintas di trotoar seperti yang terekam dalam video tersebut. Menurutnya, bajaj tersebut telah melakukan pelanggaran.

Harlem mengatakan biasanya pengendara yang melintas di trotoar akan ditindak oleh petugas. Namun saat itu tidak ada petugas di kawasan tersebut.

"Bajajnya melanggar, kalau petugas ada pasti ditindak," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (14/9).


Harlem mengatakan tindakan tilang akan dilakukan kepada pengendara bajaj yang melintas di trotoar. Tilang tersebut dilakukan terhadap pengendara yang memiliki kelengkapan surat mengemudi.

Namun, jika pengendara tidak memiliki surat maka yang bersangkutan tak mendapat izin mengemudikan bajajnya kembali.

"Kalau enggak ada suratnya disetop operasi sementara sambil pemilik mengurus suratnya," tuturnya.

Setalah video tersebut viral, Harlem mengatakan pihaknya mengerahkan tiga petugas dinas perhubungan untuk berjaga di lokasi tersebut. Dari rekaman video yang diterima CNNIndonesia.com, terdapat satu bajaj yang ditilang di atas trotoar.

Selain itu juga terdapat belasan kendaraan roda dua yang melintas di trotoar tersebut. Sayangnya saat petugas memerintahkan pengendara motor untuk berhenti dan turun dari kendaraannya, justru pengendara motor tetap melaju di trotoar. Beberapa pengendara lainnya ada yang mengalihkan kendaraannya ke jalan raya.
(pmg/pmg)