TGB Pastikan Dana Bantuan Gempa Lombok Sudah Bisa Cair

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 23:57 WIB
TGB Pastikan Dana Bantuan Gempa Lombok Sudah Bisa Cair Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menyatakan proses penyaluran bantuan uang kepada korban gempa Lombok sudah bisa dicairkan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi menegaskan dana bantuan pemerintah bagi masyarakat terdampak gempa Lombok kini bisa dicairkan meski sempat terkendala rangkaian birokrasi.

"Sudah dibenahi dan alhamdulillah sudah tuntas, saya dengar. Sehingga masyarakat bisa mencairkan bantuan di rekening masing-masing," kata TGB di Ayana Mid-Plaza Hotel, Jumat (14/9).

Hal ini disampaikan menyikapi mandeknya pencairan bantuan yang diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada korban gempa Lombok melalui rekening BRI beberapa waktu lalu.


Sulitnya pencairan diduga karena belum ada surat permohonan pencairan dari kepala daerah yaitu bupati dan wali kota.

"Kemarin ada pengucuran bantuan tapi ada sedikit SOP yang ternyata menghambat pencairan dana yang sudah ada di rekening masyarakat itu," tuturnya.

Ia kembali memastikan pencairan dana sudah lancar sekarang, sesuai instruksi Presiden Jokowi yakni kemudahan, fleksibilitas memfasilitasi masyarakat, serta menghilangkan penghambat birokrasi.

"Pemerintahan, kan. satu sistem dan kepala pemerintahan itu Presiden," ucap mantan kader Partai Demokrat ini.

Warga mengangkut barang-barang yang masih bisa diselamatkan dan digunakan di reruntuhan rumah akibat gempa Lombok, NTB, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Zabur KaruruI
Sebelumnya, pemerintah menyiapkan dana siap pakai (DSP) Rp264 miliar untuk 5.293 rekening penerima bantuan, masyarakat dengan rumah rusak berat.

Masing-masing pemilik rumah itu nantinya akan mendapat dana bantuan Rp50 juta yang ditransfer oleh pemerintah dalam bentuk tabungan BRI.

Anggaran disiapkan supaya masyarakat dapat segera memperbaiki rumahnya dan menjalankan aktivitas ekonomi seperti biasa.

"Rincian warga yang mendapatkan dana stimulan dari pemerintah adalah Kabupaten Lombok Barat 359, Kabupaten Lombok Utara 1.353, Kabupaten Lombok Timur 2.782, Kabupaten Lombok Tengah 779, Kota Mataram 20," demikian keterangan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu 2 September lalu.

Bantuan itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kota Mataram, dan wilayah terdampak di Provinsi NTB. (wis/wis)