Kalapas Sukamiskin: Sel Setya Novanto Berukuran 300-500 cm

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 16/09/2018 14:15 WIB
Kalapas Sukamiskin: Sel Setya Novanto Berukuran 300-500 cm Ilustrasi penjara. (Istockphoto/chinaface)
, CNN Indonesia -- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1A Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan ukuran sel yang dihuni Setya Novanto lebih besar dibanding yang dihuni tahanan lain. Menurutnya, ukuran sel mantan ketua DPR yang menjadi pesakitan dalam kasus korupsi Proyek KTP Elektronik tersebut mencapai 300-500 cm atau 3-5 meter.

Tapi katanya, tidak hanya sel Novanto saja yang memiliki ukuran seperti itu. Terdapat sekitar 40 sel dengan ukuran serupa.

Sel tersebut antara lain dihuni oleh beberapa terpidana korupsi seperti; M. Nazaruddin, Djoko Susilo, dan Tubagus Chaeri Wardhana atau Wawan. "Tapi ada napi umum yang baru masuk juga di situ, dan itu sudah lama juga mereka menempati hunian yang besar," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (16/9).

Polemik mengenai perbedaan luas sel yang ditempati Setya Novanto dan napi lain mengemuka setelah Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Sukamiskin. Dalam sidak tersebut, Ombudsman menemukan perbedaan luas antara sel yang ditempati Setya Novanto dengan tahanan lain.


Pimpinan Ombudsman Ninik Rahayu mengatakan luas sel Novanto dua kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan yang lain. Ninik mengatakan seharusnya dalam proses penahanan, narapidana mendapatkan perlakuan yang sama.
(Antara/agt)