KPK Telaah Foto TGB dan Deputi Penindakan atas Kasus Newmont

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 02:01 WIB
KPK Telaah Foto TGB dan Deputi Penindakan atas Kasus Newmont Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya sedang menelaah foto Deputi Penindakan KPK dan TGB. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelaah foto Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dengan Deputi Penindakan KPK Brigjen Firli yang viral dalam beberapa waktu terakhir.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya bakal mencari informasi lebih jauh mengenai latar belakang foto tersebut.

"Masih proses telaah, tadi juga saya tanya persis telaah masih berlangsung. Proses telaah itu mencermati informasi yang berkembang," kata Febri di KPK Jakarta, Rabu (19/9) malam.



Salah satu bentuk pengumpulan informasi di KPK adalah dengan memantau pemberitaan di media. Namun pemberitaan itu bakal diverifikasi lagi kebenarannya oleh tim KPK.

"Agar bisa terjadi dan bagaimana fakta-fakta yang terjadi terkait dengan hal itu. Tentu saja belum ada kesimpulan dari proses itu," ujar dia.

KPK Telaah Foto TGB dan Deputi Penindakan soal Kasus Newmont Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Febri mengatakan belum ada proses meminta keterangan dari kedua belah pihak terkait foto tersebut. Pihaknya pun tidak memberikan batasan waktu untuk menyelesaikan klarifikasi itu.

"Saya belum dapat informasi terkait hal itu, tidak ada batas waktu sebenarnya kalau dalam proses telaah ataupun proses pemeriksaan di sana," tutup dia.


KPK saat ini sedang menyelidiki keterlibatan TGB atas dugaan penyimpangan divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara. Firli, yang juga merupakan mantan Kapolda NTB, dan TGB disebut bertemu pada acara perpisahan Komando Resor Militer 162 di Mataram, Mei 2018.

Namun Berdasarkan keterangan Korem 162, tidak ada undangan resmi untuk keduanya. Adapun foto yang tersebar adalah saat keduanya mengenakan kostum tenis.

TGB sendiri menyangkal kabar miring soal kedekatannya dengan Firli. Dia menyatakan pertemuannya dengan Firli terjadi secara kebetulan, dan diabadikan dalam foto kemudian yang tersebar.

Saat bertemu Firli pada 13 Mei 2018, TGB mengklaim obrolan mereka tak menyinggung soal penyelidikan dugaan penyimpangan divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara dilakukan oleh KPK.
(CTR/pmg)