Pengalaman Berjuang Menembus Situs SSCN Pendaftaran CPNS

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 09:26 WIB
Pengalaman Berjuang Menembus Situs SSCN Pendaftaran CPNS Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak Rabu (19/9) pagi, masyarakat Indonesia yang mengincar posisi sebagai abdi negara rajin mengintip situs sscn.bkn.go.id demi mendapatkan informasi mengenai lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Namun situs tersebut yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu baru dibuka secara resmi sejak pukul 13.00 WIB, Rabu (19/9).

Nyatanya, tepat pukul 13.00 WIB hari itu, tak semua orang bisa lancar membuka situs BKN itu. CNNIndonesia.com yang sesekali mencoba mengakses dari ponsel juga tak berhasil menembus situs tersebut.

Percobaan baru mulai membuahkan hasil setelah mencoba mengakses pada pukul 17.00 WIB. Setelah menunggu waktu proses memuat (loading) sekitar 30 menit, laman utama situs itu baru terpampang lengkap.


Sayangnya, percobaan untuk mengakses menunya juga masih sangat lambat. Perlu waktu sekitar 15 menit untuk membuka masing-masing menu yang disediakan seperti menu pencarian lowongan, alur, registrasi, helpdesk, FAQ, layanan call center, dan login.

Seluruh menu ini baru bisa diakses penuh pada pukul 22.30 WIB. Dengan kecepatan normal, tak ada yang begitu menganggu dari situs ini.

Hal berbeda terjadi saat CNNIndonesia.com mencoba membukanya pada pagi ini. Saat mengakses pukul 08.41 WIB pagi ini, kecepatan membuka situs itu membutuhkan waktu sekitar 9 detik.

Tampilan Situs

Navigasi untuk para pengakses cukup jelas. Pelamar langsung disuguhi informasi tata cara registrasi dan mekanisme pendaftaran di laman awal.

Pelamar juga dimudahkan dengan menu khusus pencarian lowongan. Menu ini dimaksudkan untuk membantu pelamar untuk mencari formasi sesuai dengan latar belakang pendidikan atau kementerian yang dituju.

Selain itu, pelamar juga akan melihat infografis alur seleksi CPNS 2018 melalui gambar yang cukup mudah ditelaah di menu Alur. Informasi ini penting untuk memastikan tidak ada salah pilih atau salah langkah yang dialami calon pelamar.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga menyediakan menu FAQ (frequent anwers and questions) mengenai proses perekrutan calon abdi negara. Pelamar perlu menyimak tanya jawab ini untuk mendapatkan informasi penting perihal pendaftaran, persyaratan, perbaikan data, pencetakan kartu, dan lainnya.

Pengalaman 'Ngadat' 30 Menit di Situs CPNS yang Dikelola BKN(Screenshot via sscn.bkn.go.id)
Situs ini juga menampilkan kontak masing-masing kementerian/lembaga/daerah yang menyelenggarakan pembukaan CPNS tahun ini di menu Layanan Call Center. Jika kesulitan mendapatkan informasi di situs BKN, maka alamat dan kontak kementerian yang dituju akan sangat berguna.

Selebihnya, menu login dan registrasi hingga saat ini masih belum bisa dibuka. Keduanya hanya menampakkan tulisan 'Opening Soon', kemungkinan baru akan dibuka pada 26 September mendatang.

Pengalaman 'Ngadat' 30 Menit di Situs CPNS yang Dikelola BKN(Screenshot via sscn.bkn.go.id)
Sebelumnya, Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan loading lama di situs BKN tidak serta merta kesalahan server tersebut.

Tahun lalu, katanya, proses loading cukup lama karena lambatnya respons server Dirjen Dukcapil untuk memberikan data NIK atau credential pengguna pada situs BKN. Server tersebut memang juga melayani permintaan data dengan perbankan hingga asuransi.

Lebih lanjut Ridwan juga telah memastikan untuk tahun ini situsnya tak akan down karena telah dites beberapa kali sebelumnya.

"Kita sudah memastikan semua cara stress test macem-macem kemudian SKL injection kemudian Ddos, dinamic denial of service itu sudah kita antisipasi. Kita lalui semua tesnya bersama kementerian keuangan karena mereka punya fasilitasnya. Nah diharapkan itu enggak terjadi," kata dia.

Selain itu, Ridwan mengatakan pihaknya telah mengantisipasi server BKN down melalui kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi dan Kemenkominfo

"Kita katakanlah meminta upgrade traffic 1 GB yang sekarang bisa bertambah itu mereka akan membantu. Sehingga diharapkan server kita tetap akan live selama proses ini," ujarnya.

"Mudah mudahan [enggak down]," ujar Ridwan atas pelaksanaan pendaftaran CPNS online untuk seleksi pada tahun ini.

(kst/kid)