PDIP Klaim 32 Kepala Daerah Jawa Timur Dukung Jokowi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 18:50 WIB
PDIP Klaim 32 Kepala Daerah Jawa Timur Dukung Jokowi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengklaim 32 kepala daerah di Provinsi Jawa Timur menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Mereka bakal masuk ke dalam Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Jawa Timur yang diketuai oleh mantan Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal (Purn) Machfud Arifin.

"Tentu saja kekuatan kepala daerah yg mengusung pak Jokowi-kiai Ma'ruf di Jatim dari 38 kurang lebih ada 32," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (20/9).



Saat ditanya mengenai posisi mantan wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di TKD Jatim, Hasto hanya menjawab dia rajin berkomunikasi dengan mantan Ketua GP Ansor dua periode itu.

"Saya komunikasi terus sama Gus Ipul," ujarnya.

Hasto mengatakan secara bertahap sejumlah kepala daerah di Indonesia mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi di Pilpres 2019. Ia menyebutkan arus dukungan akan terus bergulir di seluruh Indonesia.

"Kepala daerah akan melakukan deklarasi secara bertahap di mulai dari Sumbar (Sumatera Barat) dan nanti terus bergulir di seluruh Indonesia," tuturnya.

Hasto mengklaim kinerja kepala daerah yang bergabung dalam TKD Jokowi-Ma'ruf tidak bakal terganggu.


"Jadi tidak ada persoalan bagi kepala daerah untuk menjadi pengarah teritorial dan tidak akan mengganggu kinerja," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini masuk dalam jajaran anggota TKD Jatim.


Nama mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan Gubernur Jawa Timur Imam Utomo, serta Jubir Tim 9 Kiai relawan pemenangan Khofifah-Emil, KH Asep Syaifudin Chalim juga masuk dalam TKD Jatim sebagai dewan penasihat.

Komisi Pemilihan Umum RI menetapkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai calon presiden-wakil presiden untuk pemilihan umum 2019.

Arief menyampaikan kedua pasangan kandidat tersebut memenuhi seluruh syarat pencalonan presiden-wakil presiden.


"Hasil rapat pleno, dua paslon yang mendaftar yaitu Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan calon presiden dan wakil presiden pemilu tahun 2019," ujar ketua KPU RI Arief Budiman di kantor KPU RI di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9) sore.
(sah/ayp)