Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf Ambil Nomor Urut Malam Ini

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 08:34 WIB
Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf Ambil Nomor Urut Malam Ini Komisioner KPU Ilham Saputra memastikan acara pengambilan nomor urut capres-cawapres digelar Jumat (21/9) malam pukul 20.00 WIB. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan nomor urut calon presiden-wakil presiden untuk pemilu 2019 pada Jumat (21/9) malam di gedung KPU RI di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

"Acara mulainya pukul 20.00 WIB," ujar Anggota KPU RI Ilham Saputra, di kantor KPU Kamis (20/9).

Ilham menyampaikan baik Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sedianya hadir dalam acara ini karena telah ditetapkan sebagai capres-cawapres pemilu 2019.


Terkait dengan teknis penetapan nomor urut, kata Ilham, calon wakil presiden dari kedua pihak terlebih dahulu mengambil undian nomor urut untuk pengambilan nomor urut peserta pemilu.

Setelah itu kedua cawapres tersebut sama-sama menunjukkan nomor urut yang diperolehnya. Nantinya, cawapres yang mendapat nomor urut paling kecil diberi kesempatan lebih dahulu bagi pasangannya mengambil nomor urut yang akan ditetapkan.

Setelah itu giliran masing-masing capres mengambil nomor yang akan ditetapkan sebagai nomor peserta pemilu. Secara bersamaan, kedua capres tersebut membuka nomor yang telah diperolehnya. Nomor inilah yang akan ditetapkan sebagai nomor urut capres-cawapres Pemilu 2019.

"Dibuka bersama agar diketahui mereka akan mendapat nomor urut berapa untuk pemilu 2019," kata Ilham.

Masing-masing kandidat diberi kesempatan menyampaikan sambutan setelah penetapan nomor urut. Masing-masing pasangan hanya diberi waktu beberapa menit untuk menyampaikan pidato sambutan.

Ilham mengatakan KPU RI akan membatasi jumlah pendukung masing-masing pasangan capres-cawapres yang ingin mengikuti acara penetapan nomor secara langsung, yakni hanya sekitar 50 orang untuk setiap pasangan.Selebihnya, KPU menyediakan tenda yang di halaman depan gedung KPU.

Kata Ilham tenda itu cukup untuk menampung sekitar 100 orang dari masing-masing kubu capres-cawapres. Di tenda itu juga KPU menyediakan layar besar yang akan menayangkan prosesi penetapan nomor urut.

"Yang boleh masuk ruangan ada 100 orang di bawah, dan 50 orang masuk VIP ke dalam (bersama para kandidat)," kata Ilham.

KPU telah menetapkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga sebagai capres-cawapres Pemilu 2019.

Selanjutnya, setelah mendapatkan nomor urut peserta Pemilu 2019, pasangan capres-cawapres akan melaksanakan kampanye yang dimulai 23 September hingga 13 April 2019.

Masa tenang akan berjalan selama tiga hari yakni 14-16 April 2019. Sementara pencoblosan dilaksanakan keesokan harinya pada 17 April 2019.

Masa rekapitulasi suara akan berlangsung sejak 25 April hingga 22 Mei 2019. Sedangkan capres-cawapres terpilih akan dilantik pada 20 Oktober 2019. (fhr/wis)