TNI Ziarahi Makam Tiga Presiden Jelang HUT ke-73

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 13:26 WIB
TNI Ziarahi Makam Tiga Presiden Jelang HUT ke-73 Panglima TNI saat berziarah ke makam Bung Karno. (Dok. Puspen TNI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan rangkaian ziarah dirinya ke makam tokoh bangsa seperti proklamator Sukarno, Presiden kedua RI Suharto, hingga Presiden keempat Abdurrahman Wahid, bertujuan untuk mengingat perjuangan para tokoh bangsa tersebut.

"Tradisi ziarah ke beberapa makam pendiri bangsa dan para pahlawan seperti ini harus dipertahankan untuk mengingatkan seluruh generasi penerus, dalam hal ini bukan hanya TNI tetapi seluruh anak bangsa bahwa generasi muda khususnya generasi milenial agar mengerti betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai ziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Rabu (19/9).

Saat berziarah ke makam Bung Karno, Hadi didampingi oleh KSAD Jenderal Mulyono, KSAL Laksamana Siwi Suka Adji, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.


Di makam Bung Karno dia dan rombongan melakukan tabur bunga serta memanjatkan doa untuk Proklamator Indonesia. 

Marsekal Hadi menjelaskan ziarah ke makam Bung Karno juga menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 TNI.
Ziarahi Sukarno, Soeharto, Gus Dur, TNI Ingin Kenang SejarahPenglima TNI dan tiga kepala staf TNI berziarah ke makam Bung Karno. (Dok. Puspen TNI)

"Ziarah ke makam Proklamator Bung Karno ini merupakan tradisi yang bagus karena kita selalu diingatkan dengan 'Jas Merah' yaitu jangan sekali-kali melupakan sejarah," katanya.

Marsekal Hadi melanjutkan rangkaian ziarahnya ke makam Presiden keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Jombang, Jawa Timur.

Setelah itu, pada Kamis (20/9) dia dan rombongan nyekar ke makam Presiden kedua RI Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.

Panglima TNI menyampaikan bahwa Soeharto adalah tokoh pembangunan dan tokoh besar yang mendapat gelar Jenderal Besar.

Menurutnya, Soeharto sudah menanamkan fondasi nilai-nilai yang luhur untuk kemajuan ABRI (sekarang TNI) dan banyak dirasakan oleh seluruh prajurit TNI yang saat ini sedang bertugas.

"Untuk itu, TNI tetap melanjutkan nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh Jenderal Besar H.M Soeharto," tegasnya.

Selanjutnya, Marsekal Hadi menyampaikan bahwa usai melakukan ziarah ke beberapa makam Presiden RI dan Panglima Besar Jenderal Soedirman, akan mengunjungi museum Panglima Besar Jenderal Soedirman yang kebetulan lokasinya berdekatan dengan makam para pahlawan yang berada di Yogyakarta. (wis/sur)