Jokowi: Satu, Memang yang Diperebutkan Adalah RI-1

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 21:14 WIB
Jokowi: Satu, Memang yang Diperebutkan Adalah RI-1 Calon presiden 2019 Joko Widodo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin mendapatkan nomor urut satu dalam kompetisi Pemilihan Presiden 2019. Jokowi sempat melontarkan gurauan menyikapi nomor urut yang didapat.

"Satu. Memang yang diperebutkan adalah RI-1," kata Jokowi dalam pidato usai mendapatkan nomor urut Pilpres di kantor KPU Jakarta, Jumat (21/9).

Sama seperti sebelumnya, Jokowi tetap berharap ajang Pilpres 2019 bisa menjadi pendidikan dan memperlihatkan kematangan politik bagi masyarakat.


"Oleh sebab itu, kontestasi politik ini kita beradu kontestasi program, kontestasi gagasan, kontestasi adu ide, kontestasi adu rekam jejak, kontestasi adu prestasi," ujar Jokowi.


Jokowi juga meminta kepada seluruh masyarakat supaya tidak saling memfitnah, mencemooh, atau menjelekkan hanya karena perbedaan pandangan dan pilihan politik.

KPU menyatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 1, sementara pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapat nomor urut 2 di Pilpres 2019.

Ketua KPU RI Arief Budiman menyampaikan kedua pasangan kandidat tersebut memenuhi seluruh syarat pencalonan presiden-wakil presiden.

Arief menyampaikan berdasarkan kesepaktan cawapres beberapa waktu lalu, untuk paslon yg mendapat nomor urut satu maka akan dituliskan 01 pada bahan sosialsiasi pemilu dan surat suara. Demikian juga dengan nomor urut 2 maka ditulis 02.


Penetapan nomor urut merupakan salah satu tahapan setelah penetapan capres-cawapres.

Setelah tahapan ini, seluruh kandidat akan bersiap memulai kampanye yang dilaksanakan sejak 23 September hingga 13 April 2019. (rzr)