Jokowi Ajak Tak Saling Fitnah di Pemilu 2019

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/09/2018 21:37 WIB
Jokowi Ajak Tak Saling Fitnah di Pemilu 2019 Presiden Joko Widodo, di Jakarta, belum lama ini. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut satu, Joko Widodo, mengimbau agar ajang Pemilu 2019 tak dijadikan ajang saling menjelekkan dan memfitnah satu sama lain.

"Saya mengajak kita semuanya menjauhkan dari saling memfitnah, mencemooh, menjelekkan," kata dia, dalam pidatonya di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (31/9).

Mantan Walikota Solo itu juga menegaskan bahwa fitnah dan upaya menjelekkan tersebut bukan etika dan nilai yang baik diterapkan di Indonesia.


"Jadi ini bukan etika yang kita anut yaitu nilai-nilai ke-Indonesia-an," kata dia.

Jokowi menegaskan Pilpres 2019 harus jadi ajang adu program dan gagasan, ajang kontestasi rekam jejak, dan adu prestasi antar-pasangan capres-cawapres.

"Oleh sebab itu, kontestasi politik ini, kita beradu kontestasi program, kontestasi gagasan, kontestasi adu ide, kontestasi adu rekam jejak, kontestasi adu prestasi," tuturnya.

Melihat hal itu, Jokowi turut berpesan agar Pilpres kali ini harus dijadikan sebagai sarana pedidikan politik yang baik bagi masyarakat

"Ini untuk kematangan bagi demokrasi rakyat," pungkasnya.

(rzr/arh)