KPU Resmi Buka Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 23/09/2018 07:31 WIB
KPU Resmi Buka Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 Pelepasan balon ke udara menandai peresmian kampanye deklarasi damai pemilu serentak 2019 di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum resmi membuka Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019 yang dimeriahkan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta Pemilu 2019.

Pembukaan ini ditandai pelepasan balon ke udara yang dilakukan Ketua KPU Arief Budiman.

Berdasarkan pantauan, baik Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi mengenakan pakaian adat. Begitu pula ketua umum dan para pimpinan parpol yang hadir.


Tampak Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga mengenakan pakaian adat.

Pembukaan deklarasi kampanye damai diawali dengan pawai kedua pasangan calon yang diikuti para pimpinan parpol dengan menggunakan mobil golf.

Rombongan pasangan calon kemudian juga diikuti oleh para partai politik peserta pemilu yang juga menampilkan budaya dan pakaian adat.

Jokowi mengemudikan mobil golf sebelum menuju titik awal karnaval kampanye damai. Cawapres Maruf Amin, Ketua TKN Erick Thohir, dan Direktur Kampanye TKN Aria Bima menjadi penumpang mobil tersebut.

Belasan paspampres juga terlihat mengawal pasangan tersebut. Mereka terlihat berada di setiap sisi mobil golf yang dikemudikan Jokowi.

Sementara Prabowo beserta rombongan menyusul di belakangnya. Tak ketinggalan, SBY pun turut melakukan pawai menggunakan mobil golf yang dikemudikan Agus Harimurti Yudhoyono.

Setelah pawai, rencananya akan ada orasi dari Ketua KPU Arif Budiman dan kedua calon presiden yaitu Jokowi dan Prabowo. (jps)