Monas Jadi Lautan Manusia, Laju Transjakarta Tersendat

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 23/09/2018 10:02 WIB
Monas Jadi Lautan Manusia, Laju Transjakarta Tersendat Transjakarta tersendat di jalur kampanye deklarasi damai pemilu 2019. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laju sejumlah unit Transjakarta tersendat di Bundaran Thamrin, Jakarta Pusat. Banyaknya aktivitas warga saat Karnaval kampanye damai Pemilu 2019 di sekitar Monumen Nasional (Monas) menjadi penyebabnya.

Transjakarta yang terhenti berasal dari Harmoni dengan layanan koridor yang berbeda. Satu-satunya moda transportasi yang diberbolehkan melintas di sekitar Monas ini terpaksa berhenti di lampu merah dekat Patung Kuda karena Bundaran Thamrin sesak dengan manusia.

Petugas patroli sterilisasi Transjakarta pun tidak tahu sampai kapan jalan menuju Medan Merdeka Selatan atau ke arah Thamrin akan ditutup. Namun, petugas menegaskan belum ada rencana pengalihan jalur Transjakarta.



"Sampai sekarang belum ada rencana tersebut," kata petugas patroli Transjakarta di Bundaran Thamrin, Minggu (23/9) pagi.

Pantuan terakhir tampak petugas berusaha meloloskan sejumlah bus Transjakarta melewati kerumumanan massa. Bus diperintah melaju dengan kecepatan rendah agar bisa melanjutkan perjalanannya masing-masing.

Monas Jadi Lautan Manusia, Transjakarta TersendatPawai deklarasi pemilu damai 2019 di bilangan Monas, Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

Masyarakat tampak ramai di sekitar Monas karena setidaknya dua hal, yakni berolahraga di ruas jalan car free day dan meramaikan kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). 
Kampanye damai ini diikuti semua peserta Pemilu 2019, mulai dari calon presiden dan calon wakil presiden maupun partai politik peserta pemilihan legislatif.


Salah satu mata acara kampanye damai ini adalah karnaval yang juga diikuti semua peserta. Karnaval ini bergerak dari Monas pintu barat laut, melewati Jalan Medan Merdeka Barat, dan kembali lagi ke Monas di Bundaran Thamrin. (bin/fea)