Formasi CPNS 2018, Lowongan Guru dan Dosen Paling Banyak

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 08:29 WIB
Formasi CPNS 2018, Lowongan Guru dan Dosen Paling Banyak Ilustrasi. CPNS 2018 membuka lowongan paling banyak untuk guru dan dosen. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran CPNS 2018 resmi dibuka. Masyarakat yang ingin menjadi abdi negara alias pegawai negeri sipil (PNS), mulai hari ini Rabu (26/9) sudah bisa mendaftarkan diri dengan membuat akun melalui situs sscn.bkn.go.id.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan formasi dan persyaratan calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2018 yang dibutuhkan untuk melamar posisi baik di kementerian, lembaga, atau instansi di pusat dan daerah sepekan lalu, Rabu (19/9). Meskipun pada kenyataannya, tak semua instansi mengunggah file persyaratan mereka pada hari yang sama.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan tahun ini formasi sebanyak 51.271 posisi ada di instansi pusat yang terdiri atas 76 kementerian/lembaga. Selain itu, sisanya, 186.744 posisi CPNS ada di 525 instansi daerah.


Untuk tingkat pusat, Kementerian Agama (Kemenag) paling banyak membuka slot CPNS 2018 yakni 17.175.


Dari jumlah 17.175 CPNS yang akan diterima itu, alokasi terbesar diperuntukkan bagi guru dan dosen. Ia menyebutkan, sesuai Keputusan Menteri PANRB Nomor 49 Tahun 2018, tersedia 10.520 formasi bagi guru pelamar umum, 1.480 formasi bagi guru honorer eks K-II, dan 4.485 formasi dosen.

Kepala Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa mekanisme penerimaan CPNS tak banyak berbeda dari tahun lalu. Proses seleksi terdiri dari tiga tahap dan disebutnya minim melibatkan subyektivitas manusia.

Pertama-tama, pelamar harus lolos administrasi dulu. Pada tahap selanjutnya, proses seleksi CPNS 2018 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), lalu dilanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).


Ridwan menjamin seleksi CPNS 2018 aman dari campur tangan 'orang dalam' hingga jimat. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Ditjen kependidikan dan catatan sipil (dukcapil) Kemendagri, Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan operator telekomunikasi untuk memastikan pendaftaran dan proses seleksi aman dan situs tidak mengalami gejala melambat.

Namun untuk menghindari kepadatan traffic, pelamar dihimbau untuk mengakses sscn.bkn.go.id di waktu waktu yang senggang seperti pada malam hari. Pelamar juga disarankan memiliki koneksi kuat agar tak terganggu saat mengunggah berkas pendaftaran CPNS 2018.

Formasi Lowongan CPNS 2018, Alokasi Terbesar untuk GuruInfo pendaftaran CPNS 2018. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
(kst/DAL)