FOTO: Aksi Honorer K2 DKI Jakarta Tuntut Status PNS

Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 13:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Forum Honorer K2 DKI melakukan aksi di depan Balaikota Jakarta. Hari yang sama, pendaftaran CPNS di situs SSCN yang dikelola BKN sudah bisa diakses masyarakat.

Ratusan pegawai honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 DKI Jakarta melakukan aksi damai di depan Balaikota, Jakarta, Rabu, (26/9). Mereka menuntut Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan SK Gubernur untuk honorer K2 menjadi pegawai tetap yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Ratusan pegawai honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 DKI Jakarta melakukan aksi damai di depan Balaikota, Jakarta, Rabu, (26/9). Mereka juga menuntut Pemprov DKI Jakarta meningkatkan kesejahteraannya. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Ratusan pegawai honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 DKI Jakarta melakukan aksi damai di depan Balaikota, Jakarta, Rabu, (26/9). Pada hari yang sama, pendaftaran di situs seleksi CPNS 2018 yang dikelola BKN bisa diakses masyarakat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Bagi honorer K2 diberi kesempatan mengikuti seleksi CPNS, namun mereka dibatasi salah satunya syarat usia maksimal 35 tahun per 1 Agustus 2018. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Selain aksi honorer K2 di Jakarta hari ini, selama sepekan terakhir aksi honorer serupa terjadi juga di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Untuk menampung honorer yang tak bisa mengikuti seleksi CPNS 2018, MenPAN-RB Syafruddin menyatakan pemerintah akan mengalihkan mereka ke jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pada satu kesempatan, Kepala BKN Bima Haria Wibisna menjelaskan PPPK memiliki hak keuangan yang sama dengan PNS. Hal yang membedakan hanya hak uang pensiun dan evaluasi kontrak tiap tahun. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Secara keseluruhan, jumlah honorer K2 yang tercatat dalam pusat data BKN ada 438.590 orang. (CNNIndonesia/Safir Makki)