Kubu Jokowi Sebut Yenny Wahid Bantu dari Luar Timses

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 22:10 WIB
Kubu Jokowi Sebut Yenny Wahid Bantu dari Luar Timses Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Jumat (7/9). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyambut baik dukungan dari putri Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid dan simpatisannya, Gusdurian, di Pilpres 2019. Yenny pun disebut akan membantu Jokowi-Ma'ruf meraup suara meski tak masuk TKN.

Menurut Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, dukungan tersebut merupakan hasil dari dialog panjang antara kubunya dengan Yenny selaku perwakilan keluarga Gus Dur dan Gusdurian.

"Ya Alhamdulillah positif karena memang dialog juga sudah dilakukan cukup lama dengan Mbak Yenny Wahid," ujar dia, di DPP PDIP, Jakarta, Rabu (26/9).


Selain karena dialog dengan Yenny, Hasto menyebut ada peran kedekatan antara Ma'ruf dengan Gus Dur sebagai sesama tokoh Nahdatul Ulama.

Atas dukungan itu, Hasto juga berharap keluarga Gus Dur dan Gusdurian yang baru saja menggelar Silaturahmi Nasional bisa turut ambil bagian mengkampanyekan pemenangan Jokowi-Maruf.

"Kami harapkan bergerak satu arah memberikan dukungan kepada Pak Jokowi dan Kiai Maruf," ujarnya.

Namun demikian, Hasto menyatakan Yenny tidak akan masuk ke dalam struktur TKN. Sebab, struktur TKN Jokowi-Maruf sudah didaftarkan ke KPU sebelum adanya dukungan tersebut.

Meski demikian, ia menyebut Yenny berperan khusus membantu Ketua TKN Erick Thohir dalam mendulang suara di segmen pemilih keumatan dan perempuan.

"Tentang Mba Yenny masuk struktur atau tidak karena struktur kampanye sudah didaftarkan dan tentu saja beliau memeiliki segmen secara khusus untuk bergerak," ujarnya.

Lebih dari itu, ia menilai Yenny sebagai perwakilan generasi baru di Indonesia yang tetap menjaga jati diri bangsa meski memiliki wawasan internasional. (panji/arh)