Pelamar CPNS Disarankan Tak Daftar Melalui Ponsel

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 19:02 WIB
Pelamar CPNS Disarankan Tak Daftar Melalui Ponsel Ilustrasi. (Smalox/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang ingin mendaftar di situs sscn.bkn.go.id disarankan tidak mengakses laman tersebut menggunakan ponsel (handphone).

Berdasarkan pengalaman CNNIndonesia.com mengakses situs itu menggunakan ponsel, butuh waktu lebih dari lima menit untuk mengakses situs tersebut.

Ketika telah masuk, CNNIndonesia.com hanya bisa mengakses halaman depan situs tanpa bisa membuka portal-portal yang disediakan. Padahal di dalam portal-portal itu lah masyarakat akan melihat informasi dan mengisi formulir pendaftaran lebih lengkap.


Para pelamar disarankan mengakses menggunakan dekstop atau laptop. Hal ini juga sesuai dengan saran dari Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.

Selain pertimbangan waktu, Ridwan mengatakan dengan menggunakan desktop pelamar bisa melihat seluruh detail yang harus diisi saat mendaftar. 

"Tips ringan ya, jangan pernah teman-teman mengisi pakai smartphone, karena pasti akan ada beberapa detail yang tersembunyi pakailah laptop desktop dan sebagainya," ujar Ridwan saat jumpa pers kantor BKN, Jakarta, Rabu (26/9).

Ridwan juga menyarankan pelamar mencari waktu yang tepat untuk menghindari tingginya trafik ke situs SSCN.

Selain itu dia mengimbau pelamar tidak terburu-buru mendaftarkan diri. Pelamar memiliki 15 hari kalender mulai dari 26 September hingga 10 Oktober 2018 untuk mendaftar.

"Mohon bagi yang ingin melamar tidak perlu terburu-buru. Mungkin sekarang masih padat, mohon ditunggu 4-5 jam ke depan trafiknya akan lebih lancar," kata dia.

Sebagai antisipasi, BKN telah mewajibkan setiap instansi baik kementerian/lembaga/instansi untuk mengunggah file berisi persyaratan dan formasi CPNS di kanal publikasi masing-masing.

Di portal SSCN pelamar juga diberi alternatif link untuk membuka laman terkait jika link di halaman tersebut sulit diakses.

(kst/wis)