Polisi Identifikasi Pelaku Coret-coret MRT

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 17:02 WIB
Polres Jaksel mengidentifikasi terduga kasus vandalisme MRT yang disebut memiliki keahlian menggambar dari keterangan saksi dan CCTV. Petugas mengecek gerbong MRT di Depo Lebak Bulus, Jakarta (1/7). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengaku telah mengenali satu pria dewasa yang diduga sebagai pelaku vandalisme terhadap Mass Rapid Transit (MRT) yang sedang parkir di Depo Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Indra mengatakan pria itu diduga memiliki keahlian menggambar. Hal itu berdasarkan hasil gambar yang diciptakannya di badan MRT.

"Yang sudah teridentifikasi ada diduga ada satu orang pelaku, saya tidak menyebut inisial karena masih menganut asas praduga tak bersalah," ucapnya, saat dikonfirmasi, Kamis (27/9).


"[Dia] sudah dewasa dan memang dia punya kemampuan melukis seperti itu. Kalau kita lihat hasil lukisannya kan berbeda dengan yang di underpass - underpass," imbuh dia.

Dugaan itu, lanjut Indra, didapat dari keterangan sejumlah saksi yang sempat diajak berbicara oleh terduga pelaku sebelum aksi coret-coret dilakukan. Namun, saksi-saksi itu tidak menduga pria tersebut hendak mencoret-coret armada MRT.

Selain itu, sosok pria tersebut juga sempat terekam di CCTV.

"Ada sebagian CCTV tapi memang tidak menunjukkan posisinya di situ [saat mencoret MRT]. Kemudian ada informasi dari beberapa yang dia ajak bicara saat itu. Kemudian ada beberapa alat bukti yang kita dapatkan mulai dari gambar yang dia sebarkan, kemudian orang-orang yang dia ajak bicara," tuturnya.

Indra mengatakan proses hukum tetap akan dilakukan jika pihaknya telah menangkap pelaku.

"Tentunya kita akan kenakan sanksi karena yang bersangkutan sudah merusak barang milik negara," tutup dia.

(gst/arh)