Antusiasme Anak-anak Melihat Pameran Alutsista TNI

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 20:01 WIB
Antusiasme Anak-anak Melihat Pameran Alutsista TNI Kapit ditemani ibunya berpose di atas tank dalam kegiatan pameran alutsista TNI di Monas, Jakarta Pusat, 28 September 2018. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang bocah dengan kaus loreng abu-abu khas TNI menduduki kendaraan lapis baja Stormer APC di pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (28/9).

Bocah berusia sekitar tiga tahun itu tak sendiri, ia ditemani sang ibu. Kapit nama bocah itu, Ningsih nama ibunya.

"1, 2, 3, ayo gaya Kapit," ujar ayahnya yang berdiri di seberang tank mengambil pose untuk memotret Kapit yang didampingi Ningsih



Dengan sigap, Kapit pun mengangkat tangan berpose. Namun, ia terlihat tersenyum dengan malu-malu ke arah bidikan kamera ayahnya.

Kapit dan kedua orang tuanya berada di Monas untuk menyaksikan pameran alutsista dalam rangka ulang tahun TNI. TNI akan berulang tahun yang ke-73 pada 5 Oktober mendatang.

Ningsih mengatakan, Kapit memang menggemari segala hal yang 'berbau' militer. Tak hanya kali ini saja, disebutkan Ningsih setiap pameran militer ia dan keluarganya selalu datang menemani Kapit.

"Dia dari kecil udah suka. Koleksinya aja banyak banget," ujar Ningsih.

Tak hanya pakaian, beberapa mainan seperti tank, mobil, hingga peralatan sekolahnya pun bercorak loreng ala TNI.

Namun saat ditanya apakah cita-citanya ingin menjadi anggota TNI, Kapit menggeleng. Dengan pengucapan yang belum jelas Kapit menyatakan ingin menjadi petugas tembak.

"Ini gara-gara lihat senjata TNI itu lho, bilangnya pengen jadi petugas tembak," kelakar Ningsih.

Berbeda dengan Kapit, bocah perempuan seusianya, Aisha, justru tampak enggan foto dengan beragam alutsista TNI itu. Aisha terus memeluk ibunya, Yayuk, lantaran takut melihat ukuran tank yang besar.

"Memang agak takut dia. Tadi enggak mau foto," ucap Yayuk.

Yayuk mengatakan ini adalah pengalaman pertama bagi anaknya melihat alutsista TNI yang tengah dipamerkan. Dia mengatakan kali ini memang kali pertama bagi Aisha melihat pameran alutsista TNI.

Yayuk yang datang bersama anggota kerabat lainnya itu mengaku ingin memperkenalkan alutsista TNI, sekaligus mengajak mereka berwisata di kawasan Monas.

Antusiasme Anak-anak Melihat Pameran Alutsista TNIWarga antusias berfoto dalam pameran alutsista TNI di Monas, Jakarta Pusat, 28 September 2018. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

Pameran alutsista ini digelar selama tiga hari, 27 - 29 September 2018 di Monas. Pameran dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB tanpa dipungut biaya.

Alutsista yang dipamerkan berasal dari seluruh matra TNI di antaranya rudal astros milik Kostrad hingga helikopter serbu APC yang dibeli TNI dari Amerika Serikat.

"Ada juga pameran dapur lapangan modern untuk mendukung mobilitas pasukan tempur TNI AL. Semua bagian di TNI ikut berkontribusi," ujar Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Kristomei Sianturi kepada CNNIndonesia.com.

Selain pameran alutsista TNI, pameran tahun ini juga memajang sejumlah peralatan polri. Kristometi mengatakan itu menunjukkan sinergitas TNI dan Polri.

"Ini menunjukkan persenjataan yang dimiliki TNI-Polri sekaligus mendekatkan diri dengan rakyat," ujar Kristometi.

[Gambas:Video CNN]

(kid)