Jokowi Temui Hamengkubuwono X Bahas Cucu dan Negara

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 14:56 WIB
Jokowi Temui Hamengkubuwono X Bahas Cucu dan Negara Ilustrasi Presiden Joko Widodo. (Detikcom/Andhika Prasetia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo hari ini berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Berdasarkan keterangan resmi, kehadiran Jokowi disambut GKR Mangkubumi dan GKR Condrokirono.

Keduanya adalah putri pertama dan kedua Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan GKR Hemas.

"Pagi ini saya bersilaturahmi kepada Bapak Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta seluruh keluarga besar Keraton Yogya. Kedua saya diundang sarapan bersama," kata Jokowi, Jumat (28/9).


Jokowi bersama Sri Sultan dan GKR Hemas menyantap ketan ireng, gatut, lupis, dan cenil sebagai sarapan.
Di meja makan, mereka mengobrol bersama. Presiden sempat membahas mengenai cucunya, Jan Ethes Srinarendra, hingga kondisi negara terkini. Tak ada keterangan mereka membahas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Banyak bicara mengenai cucu. Menyinggung sedikit masalah berkaitan bangsa dan kebangsaan," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Dalam kesempatan itu, Sultan mengatakan pertemuan tadi merupakan bentuk komunikasi biasa dirinya dengan Presiden Jokowi. Hubungan sudah terjalin sejak Jokowi menjabat Wali Kota Solo.

"Kekeluargaan tadi saya jadi penting, saling silaturahmi jadi sesuatu yang bagi saya penting menjaga hubungan," ucap Sultan.
Bertukar pikiran, kata Sultan, menjadi hal lumrah yang sering dilakukan ketika bertemu Jokowi. Banyak hal bisa dibahas dalam pertemuan.

"Tapi tidak bisa semuanya disampaikan," ujarnya.

Pertemuan tadi merupakan agenda pertama Jokowi saat kunjungan kerja di Yogyakarta. Rombongan Presiden tiba di Yogyakarta sejak Kamis kemarin.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi sempat menikmati suasana malam Malioboro dengan menaiki andong. Dalam kesempatan itu, ia juga melayani masyarakat yang meminta berfoto bersama atau bersalaman.
Mereka turut menyambangi toko mainan dan membeli beberapa mainan untuk cucunya. (chri/ayp)