BMKG: Tsunami Lebih dari 0,5 Meter Terjang Palu

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 20:57 WIB
BMKG mengonfirmasi bahwa tsunami dengan ketinggian lebih dari 0,5 meter menerjang Palu seusai gempa 7,7 SR mengguncang Donggala. Ilustrasi Tsunami. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meterologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi bahwa tsunami dengan ketinggian lebih dari 0,5 meter menerjang Palu seusai gempa 7,7 SR mengguncang Donggala, Jumat (29/9) pukul 17.02 WIB.

"Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa menimbulkan tsunami dengan level siaga, ketinggian dengan lebih dari setengah meter. Dengan ketinggian gelombang laut tiga meter," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers.

"Memang benar tsunami terjadi, namun tsunami tersebut telah berakhir pada 17.36 WIB," kata Dwikorita.


Dwikorita menyatakan, peringatan dini dihentikan setelah air yang naik ke daratan telah surut, bukan setelah air laut yang surut di area tepi pantai.

"Tadinya air laut sempat naik (ke darat). Tapi kemudian air itu terus bergerak turun. Itu yang kami namakan surut," kata Dwikorita.

Berdasarkan data sementara yang diterima, korban jiwa satu orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, kerugian materil masih dalam pendataan. Gempa berlangsung terjadi mulai pada pukul 14.00 WIB, 5.9 SR, Lokas 0.35 LS, 119.82 BT (8 KM Barat Laut Donggala- Sulteng) kedalaman 10 KM.

(pmg)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK