Masjid di Tengah Jalan Tol Semarang-Batang Dibongkar

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/09/2018 23:00 WIB
Masjid di Tengah Jalan Tol Semarang-Batang Dibongkar Pembongkaran Masjid Baitul Mustagfirin yang ada di tengah ruas tol Semarang-Batang. (CNNIndonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masjid Baitul Mustaghfirin yang berada di tengah ruas tol Semarang-Batang, mulai dibongkar pada Jumat (28/9) siang. Masjid yang terletak di Beringin, Ngaliyan tersebut sempat bertahan selama hampir dua tahun.

Sebelum masjid dibongkar, warga sempat melakukan salat Jumat terakhir, yang kemudian dilanjutkan dengan doa dan makan tumpeng bersama antara warga dengan pihak pengelola proyek PT. Jasa Marga Semarang-Batang.

Proses pembongkaran diawali dengan pencopotan sejumlah ornamen Masjid termasuk kubah yang ada di bagian atap.
Ornamen dan kubah kemudian dipindahkan ke Masjid baru pengganti yang lokasinya hanya berjarak 50 meter.


Warga bersama pihak pengelola proyek melakukan pembongkaran ini dengan gotong-royong penuh kebersamaan dan persaudaraan.

"Masjid Baitul Mustaghfirin berdiri di atas tanah wakaf sehingga penggantiannya tidak ada transaksi jual-beli maupun ganti-rugi. Semua dilakukan atas dasar keputusan kesepakatan bersama antara warga dengan pengelola proyek. Kami sama-sama menghormati dan menghargai", ujar Takmir Masjid Baitul Mustaghfirin Ruswanto .

Menurut Manager Pengendalian Lahan PT.Jasa Marga Semarang-Batang Hadi Susanto, Masjid Baitul Mustaghfirin merupakan salah satu dari 34 lahan dan bangunan diatas tanah wakaf yang telah diselesaikan pembebasannya oleh PT. Jasa Marga Semarang-Batang.

"Total lahan tanah wakaf di ruas Tol Semarang-Batang ada 34 titik. Kalau dengan Masjid Baitul Mustaghfirin ini berarti yang sudah kita selesaikan 33 titik. Satu titik lagi tak jauh dari sini dan akan kita selesaikan akhir Oktober," kata Hadi.

Saat ini, proyek pengerjaan tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer tersebut sudah mencapai 88%, dan direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2018.
(dmr/ugo)