Budi Waseso Kirim Logistik dan Relawan Pramuka ke Palu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 11:39 WIB
Budi Waseso menyatakan mengirim bantuan bahan makanan dari Bulog dan anggota pramuka ke lokasi bencana di Donggala dan Palu. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Pramuka menyatakan sudah mengirim bantuan buat korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Direktur Utama Bulog sekaligus Kwartir Nasional Pramuka, Budi Waseso menyatakan bantuan itu berupa makanan dan anggota relawan.

"Tadi pagi juga kita sudah bantu lagi jam 05.00 pagi kita berangkatkan dengan Hercules ke sana. Jadi tadi pagi Bulog dengan Pramuka kerja sama untuk mendistribusikan langsung ke wilayah-wilayah," kata Budi di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10).

Salah satu jenis bantuan yang sudah dikirim menurut Budi adalah makanan pokok berupa beras, minyak goreng, dan daging sebanyak lima ton. Ia juga sudah menghubungi pemerintah daerah untuk membuka dapur umum di lokasi bencana.


Menurut Budi, personel Pramuka yang ditugaskan ke lokasi bencana tidak hanya terjun bersama Bulog. Mereka juga akan membantu bersama Basarnas, TNI-Polri, dan kementerian lainnya.

"Termasuk kita tergabung dengan kelompok-kelompok untuk dapur umum," kata Budi.

Budi mengaku berniat terbang ke Palu meninjau langsung situasi di sana. Ia menyatakan sudah membicarakan rencana tersebut dengan Panglima TNI dan Kapolri.

"Dalam minggu-minggu ini InsyaAllah saya berangkat ke sana," katanya.

Budi Waseso baru saja ditetapkan sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk periode 2018-2023, menggantikan Adhyaksa Dault. Gelar yang ia peroleh pada 28 Spetember kemarin ini mempertebal tanggung jawab Buwas yang sekarang sebagai Dirut Bulog.

Korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah saat ini mencapai 832 orang. Korban tewas yang ditemukan dimakamkan secara massal karena pertimbangan kesehatan. Mereka yang dimakamkan setelah bisa diidentifikasi. (bin/ayp)