Menteri Hanif Dhakiri Resmi Rangkap Jabatan Sekjen PKB

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 14:30 WIB
Menteri Hanif Dhakiri Resmi Rangkap Jabatan Sekjen PKB Hanif Dhakiri jadi Sekjen PKB gantikan Abdul Kadir Karding. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjuk Muhammad Hanif Dhakiri untuk menjadi Sekjen PKB menggantikan Abdul Kadir Karding.

Wasekjen PKB Nihayatul Wafiroh mengklaim pergantian tersebut bagian dari rotasi.

"Iya (Sekjen PKB digantikan Hanif), bukan dicopot, diganti," ujar Nihayatul dalam pesan singkat, Senin (1/10).



Nihayatul menuturkan pergantian dilakukan agar Karding fokus di TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Di TKN, Karding menjabat sebagai Wakil Ketua TKN. Dia juga mengklaim pergantian dilakukan sejak 20 September 2018.

Lebih lanjut, Nihayatul mengatakan pasca pergantian tersebut Karding saat ini ditempatkan di Dewan Tanfidz. Namun, ia enggan merinci bidang apa yang dipimpin oleh Karding di DPP.

"Pak AKK naik ke jajaran ketua sekarang. Jajaran ketua di DPP, tanfidz," ujarnya.


Di sisi lain, Nihayatul menyampaikan pergantian kader PKB di TKN Jokowi-Maruf hanya dilakukan terhadap Karding. Sebab, ia menyebut Karding mengemban tugas sentral di TKN.

"Mas AKK kan sentral. Jadi hanya beliau yang diputar," ujarnya.

Menteri Hanif Dhakiri Resmi Rangkap Jabat Sekjen PKBEks Sekjen PKB Karding diklaim akan fokus di tim Jokowi-Ma'ruf. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Untuk diktahui, Hanif saat ini menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja. Jabatan yang dipegang Hanif menambah daftar menteri di era Jokowi yang merangkap jabatan di parpol.

Pembantu Jokowi lainnya yang tercatat merangkap jabatan, yakni Menperin Airlangga Hartarto selaku Ketum Golkar, Menko PMK Puan Maharani menjabat Ketua DPP PDIP, dan Menkopolhukam Wiranto menjabat Dewan Pembina Hanura.

(panji/DAL)