Mulai Malam Ini, 36 Ribu Nasi Bungkus Akan Dibagi di Palu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 19:45 WIB
Mulai Malam Ini, 36 Ribu Nasi Bungkus Akan Dibagi di Palu Sejumlah bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo siap dibagikan kepada warga korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). (ANTARA FOTO/ Akbar Tado)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Sosial (Kemensos) menyatakan mulai mengoperasikan enam unit mobil dapur umum lapangan untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, malam ini.

"Malam ini Insyaallah sudah bisa operasional," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (1/10).

Agus menjelaskan satu unit mobil dapur umum yang dimiliki Kemensos bisa membuat sebanyak 2 ribu nasi bungkus dalam sekali memasak. Dalam satu hari, mobil dapur umum disebut bisa membuat 6 ribu nasi bungkus.


"Kalau 6 unit mobil, kira-kira ada 36 ribu nasi bungkus," kata politisi Partai Golkar ini.


Ia mengatakan enam unit mobil dapur umum lapangan difokuskan ke lima lokasi prioritas yang menjadi titik terberat di Palu, yaitu daerah Balaroa, Pantai Talise, Desa Petobo, Pantola dan wilayah hotel Roa-roa.

"Jadi sudah saya perintahkan semua unit mobil masuk ke lima wilayah itu, daerah prioritas," ujarnya.

Agus menjelaskan salah satu kendala yang menyebabkan mobil dapur umum lapangan baru dapat beroperasi adalah pencairan anggaran untuk belanja bahan makanan.

"Karena banyak hal yang harus kita inikan sebelum operasi, misalnya gas tabung sebelum masak, bensin kendaraan, kemudian ketersediaan bahan untuk masak, masak sayur mayurnya harus ada bahan-bahannya. Itu kan harus belanja yang masif," kata Agus.

"Uang, cek belum bisa dicairkan, laporan dari teman-teman Kemensos masih ada kendala untuk mencairkan cek. Sehingga belanja-belanja masih jadi kendala karena bank di sana masih lumpuh," lanjutnya.


Selain itu, Agus menyebutkan hingga kini Kemensos sudah mengerahkan seluruh cadangan logistik berupa velbed, tenda, kasur, matras dari depo di wilayah timur, yaitu dari Makassar dan Gorontalo.

Logistik tersebut kata dia, sudah sampai lokasi bencana setelah menempuh perjalanan 20 jam dengan kendala longsor dari depo Kemensos tersebut. Agus menyatakan juga telah mendistribusikan bantuan ke Donggala.

"Di Donggala, dua truk dari kami sudah mulai masuk ke sana. Mudah-mudahan aksesnya bisa," kata dia.


Tonton juga video: Tangis Duka Korban Gempa Saat Bertemu Keluarga
[Gambas:Video CNN]
(swo/DAL)