FOTO: Di Balik Tembok Palu Grand Mall yang Sempat Diserbu

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 15:16 WIB

Palu, CNN Indonesia -- Salah satu pusat perbelanjaan di pusat kota Palu diserbu oleh warga yang mencari kebutuhan pokok. Kaca-kaca dipecahkan dan pintu pun dirobohkan.

Usai terjadinya gempa dan tsunami di kota Palu, warga mendatangi beberapa pusat pebelanjaan untuk mengambil sejumlah barang, dengan mayoritas bahan baku. Salah satu tempat yang diserbu adalah Palu Grand Mall. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya memberi toleransi terhadap warga yang mengambil makanan atau kebutuhan pokok. Namun, jika barang yang dijarah bukan kebutuhan pokok, seperti barang elektronik, perhiasan, dan lainnya, Polri akan menindak tegas. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pada kenyataannya, barang-barang lain pun turut diambil. Misalnya saja perangkat audio (sound system), monitor LCD, mesin pencetak atau printer, amplifier, linggis, betel, obeng, sepeda motor, pendingin ruangan (AC), kunci T, kunci inggris, palu, slang, botol, hingga kompresor AC. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain Palu Grand Mall, sejumlah minimarket di kota Palu juga menjadi sasaran aksi penjarahan masyarakat di Palu. Beberapa dari aksi penjarahan itu digagalkan oleh aparat kepolisian. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Polisi menyatakan bahwa mereka memahami kondisi warga Kabupaten Donggala dan Kota Palu yang 'terpaksa' mengambil barang-barang kebutuhan pokok, mengingat masa krisis usai gempa dan tsunami. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Hanya saja Polisi akan tetap menindak mereka yang mengambil barang bukan sesuai kebutuhan mendasar. Bahkan, hingga Selasa (2/10), ada 45 orang yang diamankan polisi karena aksi penjarahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Aksi penjarahan di kota Palu sendiri tersebar di lima titik berbeda, yakni Mal Tatura, ATM Center di Peubungo, gudang PT Adira Finance, Grand Mall, dan butik Anjungan Nusantara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Menurut polisi, seluruh tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain melakukan penjagaan di sejumlah minimarket dan pusat perbelanjaan, polisi pun mengantisipasi aksi provokasi yang mungkin mendorong penjarahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Warga Palu sendiri menolak jika mereka disebut melakukan penjarahan. Namun aksi tersebut terpaksa dilakukan untuk bertahan hidup setelah kota mereka diluluhlantakkan gempa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dengan terputusnya jalan menuju Palu dari beberapa kota, serta bandara yang belum bisa berfungsi sepenuhnya, bantuan memang terhambat terutama di beberapa hari setelah terjadinya gempa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)