Hina Jokowi, Akun Facebook Ini Dilaporkan ke Polisi

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 16:30 WIB
Hina Jokowi, Akun Facebook Ini Dilaporkan ke Polisi Ilustrasi hoaks. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin melaporkan akun Facebook dengan nama Azmiey Ariezha ke Bareskrim Polri atas dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Direktur Bidang Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf, Ade Irfan Pulungan mengatakan, pelaporan tercatat dengan nomor LP/B/1221/X/2018/Bareskrim pada 1 Oktober.

"Pelaporan atas dugaan melakukan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media elektronik terhadap Presiden Jokowi yang juga calon presiden," ujar Ade melalui keterangan tertulis, Selasa (2/10).


Akun tersebut, kata Ade, mengunggah gambar dengan bentuk tubuh sejenis binatang menyeramkan berwajah Jokowi. Gambar tersebut kemudian ditulis dengan keterangan 'masak orang seperti ini pantas sebagai presiden'.

Ade mengatakan, unggahan gambar itu dinilai merugikan Jokowi sebagai presiden. Pemilik akun itu dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 27 Ayat 3 juncto Pasal 45 Ayat 3 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

"Kami minta kepolisian segera bertindak cepat memproses hukum terhadap pemilik akun facebook tersebut," ucapnya.

Ia mengimbau pada seluruh pengguna media sosial agar menjaga etika sehingga tidak menimbulkan masalah hukum. "Apalagi sekarang ini kita semua sedang berduka cita akibat gempa yang melanda Palu-Donggala," tuturnya.

(pris/arh)