Wiranto Ingin Kondisi Palu Bisa Normal Sebelum 2 Minggu

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/10/2018 02:30 WIB
Wiranto Ingin Kondisi Palu Bisa Normal Sebelum 2 Minggu Menko Polhukam Wiranto. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah berharap kehidupan masyarakat Palu, Sulawesi Tengah pascagempa dan tsunami bisa segera normal setelah dua minggu pasca gempa, Jumat (28/9).

"Butuh waktu memang ini, kan kondisi darurat baru berjalan enam hari, undang-undang mengatakan itu dua minggu, mudah-mudahan sebelum dua minggu kita bisa normal kembali," kata Wiranto di Korem 132/Tadulako, Kamis (4/10).

Wiranto mengatakan ada prediksi yang menyebut biasanya waktu tanggap darurat baru bisa masuk tahap rehabiltasi dan rekonstruksi dalam waktu satu bulan.


Kendati demikian, kata Wiranto, pemerintah menginginkan masa tanggap darurat bencana gempa dan tsunami Palu bisa segera diselesaikan. Dengan begitu tahap rehabilitasi bisa secepatnya dilakukan.

"Artinya masyarakat sudah siap masuk ke tahap rehabilitasi," ujarnya.

Apalagi, sambung Wiranto, perhatian pemerintah dalam penanganan bencana di Palu sangat besar. Wiranto menyampaikan hal itu dibuktikan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Palu hingga dua kali.

"Beliau pun mengutus saya langsung untuk memimpin bagaimana tanggap darurat ini bisa berjalan dengan baik," katanya.
(osc)