Ma'ruf Amin Kirim Donasi dan Logistik untuk Korban Gempa Palu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 03:40 WIB
Ma'ruf Amin Kirim Donasi dan Logistik untuk Korban Gempa Palu Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan berbagai relawan pendukungnya mengirimkan bantuan logistik dan uang tunai ke lokasi yang terkena dampak tsunami dan gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Ma'ruf menyatakan bahwa bantuan yang dikirimkan berupa uang tunai sebesar Rp750 juta, 21.500 mie instan, 5 ton beras, empat kontainer air mineral, dan 120 dus susu bayi.

Selain itu, ia dan relawannya juga mengirimkan 125 tenda besar, 40 kardus perlengkapan sehari-hari dan beberapa genset bagi para pengungsi di dua wilayah tersebut.


"Sekali lagi, bantuan ini akan kami teruskan kepada panitia. Barang-barangnya akan dibawa oleh kapal laut yang sudah disiapkan, dan uangnya kami serahkan kepada mereka," kata Ma'ruf di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/10).


Mantan Rais Aam PBNU itu mengatakan berbagai jenis bantuan itu merupakan hasil urunan dari 12 kelompok relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres

Ia mengaku terharu karena para relawan mau turun tangan mengutamakan rasa kemanusiaan bagi korban gempa dan tsunami ketimbang mengurusi politik di musim kampanye saat ini.

"Ini langkah awal, jika Allah berkehendak akan diikuti langkah-langkah berikutnya. Ini luar biasa. Kami harapkan bisa meringankan beban saudara-saudara kita," ungkap Ma'ruf.

Ia pun berharap seluruh elemen masyarakat di seluruh Indonesia turut serta membantu dan memberikan harapan bagi para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.


Hal itu bertujuan agar para korban dapat bangkit dan tak merasa terpuruk terus menerus akibat bencana tersebut.

"Selain itu, kami juga akan ada upaya membangun trauma healing untuk saudara-saudara kita, terutama anak-anak kita yang mengalami bencana," kata Ma'ruf.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa di Palu dan Donggala ini merupakan gempa dangkal akibat aktivasi sesar geser Palukoro.

Gempa berlangsung mulai pada pukul 14.00 WIB, 5.9 SR, Lokas 0.35 LS, 119.82 BT (8 KM Barat Laut Donggala- Sulteng) kedalaman 10 KM. (rzr/agi)