Malaysia Beri Bantuan Pesawat dan Uang untuk Gempa Palu

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/10/2018 17:03 WIB
Malaysia Beri Bantuan Pesawat dan Uang untuk Gempa Palu Wan Azizah (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Malaysia Datu Seri Wan Azizah di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (9/10). Dalam pertemuan itu, Wan Azizah menyatakan Malaysia akan membantu Indonesia dalam penanganan gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

"Bagaimana juga Kerajaan Malaysia simpati dan menawarkan ape-ape yang boleh kami tolong untuk meringankan sedikit beban bencana di Sulawesi setelah Lombok," ujar Wan Azizah.
Malaysia, kata dia, menawarkan bantuan pesawat berukuran besar untuk membawa bahan bakar ke daerah terdampak gempa dari Balikpapan.

Selain itu, lanjut Wan Azizah, Malaysia juga meminjamkan dua pesawat jenis Hercules kepada pemerintah Indonesia dan bantuan sebesar RM1 juta atau setara dengan Rp3,6 miliar.


"Dan juga Insyaallah kita juga ada Perdana Menteri Mahathir Muhammad besok berikan dana rehabilitasi bencana, utamanya di bidang pendidikan," katanya.
Pertemuan Wan Azizah dengan JK berlangsung kurang lebih 30 menit. Sebelum bertemu JK, istri Anwar Ibrahim itu telah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pagi tadi.

Bencana gempa bumi berkekuatan 7,7 SR memicu tsunami terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga menyebabkan ribuan korban jiwa pada 28 September lalu. BNPB sebelumnya menyatakan evakuasi korban akan dihentikan pada 11 Oktober mendatang.

Hingga Selasa (9/10) siang, korban akibat gempa dan tsunami Palu mencapai 2.010 orang.

(pris/dea)