PVMBG Bantah Gunung Salak Erupsi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 22:07 WIB
PVMBG Bantah Gunung Salak Erupsi Ilustrasi Gunung Salak. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membantah kabar yang menyebutkan bahwa Gunung Salak mengalami erupsi pada Rabu (10/10).

"Hingga saat ini Gunung Salak tidak mengalami erupsi. Gunung Salak saat ini masih berada pada tingkat aktivitas Level I (Normal)," demikian pernyataan PVMBG melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.
PVMBG pun meminta warga tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang belum jelas sumbernya.

Isu ini bermula dari pemberitaan sejumlah media, salah satunya Volcano Discovery yang melaporkan bahwa Pusat Pemantau Abu Vulkanik Darwin mendeteksi ledakan besar dengan kepulan asap hingga 50 ribu kaki di Gunung Salak pada pagi hari.


Membantah pemberitaan tersebut, PVMBG melaporkan bahwa berdasarkan pengamatan visual mereka, cuaca di Gunung Salak cerah hingga hujan dengan embusan angin lemah ke arah selatan dan utara.
Rekaman gempa pada hari ini hingga pukul 20.00 WIB pun tidak teramati kegempaan di Gunung Salak.

"Hasil observasi lapangan yang dilakukan secara langsung oleh pengamat Gunung Salak hingga pukul 20:00 WIB tidak teramati adanya jatuhan/hujan abu vulkanik dan tidak terdengar suara dentuman baik di wilayah puncak Gunung Salak maupun di sekitar lerengnya seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu," tulis PVMBG. (has/has)