Pulau Sapudi, Sumenep Paling Parah Terdampak Gempa Situbondo

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/10/2018 20:21 WIB
Pulau Sapudi, Sumenep Paling Parah Terdampak Gempa Situbondo Sejumlah bangunan rusak karena gempa yang mengguncang Situbondo dan Sumenep. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur jadi daerah yang paling parah karena gempa berkekuatan magnitudo 6,3. Sapudi jadi wilayah paling terdampak karena paling dekat dengan titik gempa.

"Dampak daerah yang paling parah mengalami kerusakan di Kepulauan Sapudi karena paling dekat dengan pusat gempa," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/10).

Hingga saat ini, BNPB mencatat korban meninggal dunia 3 orang di Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep. Sementara itu, delapan orang luka-luka.

Korban meninggal karena tertimpa bangunan. Sutopo memperkirakan jumlah korban tidak akan bertambah.


Sementara untuk bangunan yang rusak terdiri dari 51 unit rumah, dua fasilitas kesehatan delapan fasilitas pendidikan, dan tujuh tempat ibadah. Sebuah toko dan kantor turut rusak.

Rumah yang paling banyak rusak berada di Sumenep (25 rumah) dan Jembrana (16 rumah). Ada pula 1 tempat ibadah rusak di Sumenep dan 4 di Jembrana.

Sutopo juga menjelaskan gempa tersebut dirasakan di 22 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sementara, hanya 3 kabupaten/ kota di Bali dan 2 kabupaten Lombok Barat dan Mataram di NTB.

Pemprov Jawa Timur menyatakan akan memabangun kembali rumah-rumah rusak karena gempa dan memberikan santunan untuk korban meninggal dan korban luka.
[Gambas:Video CNN] (kst/sur)