Kubu Jokowi Sebut Demokrat Tak Serius Dukung Prabowo

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 22:09 WIB
Kubu Jokowi Sebut Demokrat Tak Serius Dukung Prabowo Politikus Partai Hanura Gede Pasek Suardika, di Jakarta, 2015. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Hanura Gede Pasek Suardika menilai cuitan Wakil Sekretaris Jendral Partai Demokrat Andi Arief soal keseriusan kampanye menandakan partai berlambang Mercy itu tak serius mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Kalau yang saya tahu, itu menandakan teman-teman Demokrat memang enggak serius mendukung Prabowo [di Pilpres 2019]," kata dia, saat dihubungi CNNIndonesia.com pada Jumat (12/10).

Diketahui, Andi mencuitkan melalui akun twitter @AndiArief tentang gaya kampanye Prabowo. Andi menangkap kesan Prabowo agak kurang serius menjadi presiden. Menurutnya, Sandi justru terlihat lebih ingin menjadi presiden ketimbang Prabowo karena lebih sering kampanye.



Gede, yang juga mantan kader Demokrat itu menilai bekas partainya itu sedang melampiaskan kekecewaannya terhadap kinerja pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres kali ini melalui ucapan Andi Arief tersebut.

Ia pun menuduh bahwa status Demokrat mendukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 hanya sebatas formalitas agar bisa mencalonkan capres di Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi mereka hanya melampiaskan kekecewaan saja dan menjaga agar tidak gugur untuk bisa mencalonkan presiden di periode Pilpres yang akan datang," kata dia.

Ketidakseriusan Demokrat menduking Prabowo-Sandiaga itu, kata Gede, tercermin darj banyaknya kader bahkan calon anggota legislatif Demokrat yang terang-terangan mendukung Jokowi.

Ia menjelaskan bahwa di Bali telah bertebaran berbagai alat peraga kampanye seperti spanduk caleg Partai Demokrat yang didalamnya berisikan dukungan untuk Jokowi di Pilpres.

"Itu calegnya bikin spanduk, bikin itu terang-terangan dukung Jokowi, ga dapat sanksi kok, saya liat di Bali liat itu dukungannya ke Jokowi, tapi ga dikasih sanksi," kata Gede.

Jubir Timses Jokowi-Ma'ruf Amin, TB Ace Hasan Sadzily, Jakarta, 30 Juni. Jubir Timses Jokowi-Ma'ruf Amin, TB Ace Hasan Sadzily, Jakarta, 30 Juni. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Senada, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzili, mengatakan bahwa Demokrat setengah hati mendukung Prabowo - Sandiaga di Pilpres

Ia melihat hanya Demokrat yang tak memiliki pandangan berbeda ketimbang parpol pengusung Prabowo - Sandiaga lainnya, seperti PKS, PAN dan Gerindra.

"Partai Demokrat seperti setengah hati mendukung Pak Prabowo - Sandi. Memang kalau dari sejak awal sudah bilang kardus-kardusan segala, dalam prosesnya akan sulit ada mutual respect," kata Ace saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (12/10).

(rzr/arh)