UGM Cabut Izin Penggunaan Fasilitas Kampus untuk Tim Prabowo

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 17:56 WIB
UGM Cabut Izin Penggunaan Fasilitas Kampus untuk Tim Prabowo Kampus UGM (Detikcom/Bagus Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seminar kebangsaan bertajuk 'Kepemimpinan Era Milenial' yang akan diisi oleh mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, hari ini (12/10) tidak mendapatkan izin penggunaan fasilitas dari pihak kampus.
Kepala Humas dan Protokol UGM Iva Ariani menegaskan bahwa acara tersebut bukan diselenggarakan oleh BEM atau lembaga mahasiswa lain yang berada di bawah lingkup Fakultas Peternakan UGM.

"Jadi acaranya itu kan bukan diselenggarakan oleh BEM, dan BEM juga tak pernah mengeluarkan publikasi dalam bentuk apapun untuk acara tersebut," kata Iva saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (12/10).
Menurut Iva, UGM memiliki kebijakan tersendiri terkait penggunaan fasilitas di dalam kampus. Ia menyebut pemberian izin fasilitas kampus itu hanya untuk para civitas akademika UGM.

"Fakultas Peternakan UGM memiliki kebijakan penggunaan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Fakultas adalah untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi," kata Iva. 


Iva menceritakan awalnya pihak Fakultas Peternakan UGM memberikan izin fasilitas bagi terselenggaranya acara tersebut. 

Seperti diketahui, surat izin pengguaan ruang Auditorium Fakultas Peternakan tersebut sudah keluar sejak 11 Oktober 2018. 

Izin itu dikeluarkan karena dalam flyer atau pamflet sosialisasi acara tersebut terpampang logo BEM Fakultas Peternakan UGM.

Akan tetapi, setelah pihak kampus menyelidiki, ternyata seminar itu diselenggarakan oleh organisasi di luar kampus yang mencatut nama BEM Fakultas Peternakan agar acara tersebut dapat digelar.
Iva pun enggan menyebut nama organisasi tersebut. Pihak kampus masih menyelidiki organisasi itu.

"Memang awalnya diizinkan, kami kira itu kegiatan dari mahasiswa. Tapi pas kita selidiki ini bukan kegiatan yg diselenggarakan mahasiswa. Akhirnya tak diizinkan," kata dia.

"Yang jelas awalnya flyer-nya itu ada logo BEM, jadi kita tanya ke BEM tuh, apakah benar ini diadakan oleh BEM? Ternyata mereka jawab oh tidak bu," ucap Iva.

Iva pun membantah jika pencabutan izin tersebut berkaitan dengan tahun politik yang mulai memanas saat ini.

Ia memastikan pencabutan seminar murni karena urusan administrasi dan tak memiliki sangkut pautnya dengan politik.

"Tidak ada hubungannya, siapapun yang datang, kalau yang datang itu tidak ada hubungannya dengan civitas akademika ya kita tidak berikan izin," kata Iva .

Diketahui, Sudirman Said dan Ferry Mursyidan Baldan tercatat sebagai anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga di Pilpres 2019.

Ferry Mursyidan sendiri tercatat sebagai Direktur Materi dan Debat di BPN Prabowo-Sandiaga. Sedangkan Sudirman di direktorat materi serta penelitian dan pembangunan (litbang). (rzr/dea)