Setahun Anies Baswedan

Anies soal Tahun Pertama: Insyaallah Fondasinya Sudah Siap

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 12:18 WIB
Anies soal Tahun Pertama: Insyaallah Fondasinya Sudah Siap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, Selasa, 21 Agustus. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setahun memimpin DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan mengaku sudah melaksanakan sebagian janji kampanyenya dan membangun fondasi untuk masa pemerintahannya ke depan.

"Alhamdulillah sebagian sudah mulai kita laksanakan," kata Anies di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (16/10).

"Insyaallah fondasi-fondasinya sudah siap, tinggal meneruskan tahun kedua, ketiga, keempat," ucap dia.


Anies menyebut tantangan terbesar pelaksanaan janji-janji kampanye itu adalah mengakomodasinya ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Pada tahun pertama memimpin Jakarta, Anies mengaku memang menargetkan untuk memasukkan janji-janji itu ke dalam RPJMD.

"Dengan dimasukkan dalam RPJMD dan diputuskan maka janji itu bisa diberikan alokasi anggaran, kalau tidak masuk RPJMD kita tidak bisa mengalokasikan, dan itu adalah tantangan terbesar di tahun pertama," tutur Anies.

Menurut dia, anggaran-anggaran yang dirancang dalam APBD DKI sudah mulai mencerminkan rencana atau program kerja Pemprov DKI di era kepemimpinannya.

Anies juga menyampaikan salah satu janji kampanyenya, yakni program DP nol rupiah, sudah diakomodasi dalam APBD Perubahan 2018. Hal itulah yang melatarbelakanginya untuk me-launching program Samawa atau Solusi Rumah Warga pada 12 Oktober lalu.

Nantinya, sambung Anies, diharapkan anggaran untuk program rumah DP nol rupiah bisa ditingkatkan pada APBD 2019 mendatang.

"Jadi itu tahap demi tahap yang kita lakukan dan alhamdulillah kita bersukur atas perjalanan setahun ini," ujarnya.

(dis/arh)