SETAHUN ANIES BASWEDAN

FOTO: Lika-liku Setahun Perjalanan Anies Baswedan di Jakarta

CNN Indonesia, ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 20:17 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Anies Baswedan menjalani satu tahun memimpin di DKI Jakarta untuk memenuhi janji kampanyenya di tengah beragam kritikan dan pujian.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, 16 Oktober 2017. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Salah satu kebijakan Gubernur Anies adalah menyetop pembangunan 13 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Kebijakan ini dilakukan dengan pencabutan izin pengembang. Tiga pulau yang kadung terbentuk akan dimanfaatkan untuk kepentingan warga. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Keberanian Anies menghentikan mega proyek reklamasi Teluk Jakarta mendapat sambutan luas dari masyarakat, terutama dari para nelayan di pesisir Teluk Jakarta. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Anies juga mencoba tak tebang pilih dalam penegakan hukum. Salah satunya dibuktikan dengan tidak memperpanjang izin usaha Griya Pijat Alexis hingga membuat usaha itu tutup. Anies juga mendapat apresiasi atas kebijakan ini. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Untuk transportasi, Gubernur Anies berencana melegalkan becak di Jakarta melalui revisi Perda Ketertiban Umum. Hal itu merupakan salah satu janji politik Anies pada era kampanye. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Pemprov DKI Jakarta merobohkan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kawasan Bundaran HI demi kemudahan bagi penyandang disabilitas. Selanjutnya Pemprov DKI membuat pelican crossing yang dilengkapi lampu merah sebagai sarana penyeberangan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Persiapan Asian Games 2018 diragukan akibat persiapan Pemprov DKI yang dinilai seadanya. Sejumlah akseoris mulai dari mural ala pasukan oranye, bendera dengan tiang bambu, serta waring penangkal bau mendapat kritik dari sebagian warga. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww/18)
Program rumah DP nol rupiah jadi salah satu unggulan Anies semasa kampanye. Saat ini, proyek dalam bentuk rusunami itu mulai dibangun di kawasan Pondok Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (12/10).  (CNNIndonesia/Safir Makki)
Gubernur DKI Anies Baswedan mengubah nama program integrasi angkutan umum tarif Rp3.500 per tiga jam, One Karcis One Trip (OK Otrip), menjadi Jak Lingko dengan sistem yang sama.(CNNIndonesia/Adhi icaksono)
Protes terhadap kebijakan Anies terjadi saat pengemudi angkutan kota (angkot) menutup Jl. Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta, Senin (29/1). Mereka tak terima dengan kebijakan tersebut. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Penataan Tanah Abang ala Gubernur Anies dilakukan dengan memakai salah satu jalur jalan raya untuk pedagang kaki lima, dan jalur lainnya untuk bus TransJakarta. Angkot dan kendaraan pribadi tak bisa lewat pada jam-jam tertentu. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) diragukan efektivitasnya selepas kepergian Sandiaga Uno dari Balai Kota DKI. Buktinya, gerai OK OCE Mart di Kalibata tutup karena tidak mampu membayar sewa lahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)