Kubu Jokowi Sebut Prabowo-Sandi Tak Merakyat karena Kaya

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 17/10/2018 06:19 WIB
Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto meyakini kampanye Prabowo-Sandi ke pasar tidak efektif karena keduanya tidak mewakili kesetaraan dengan rakyat. Pasangan Prabowo-Sandi disebut PDIP tidak mewakili kesetaraan karena statusnya sebagai pengusaha kaya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menyebut pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki kesenjangan dengan rakyat karena merupakan seorang pengusaha dan keturunan orang kaya.

Atas dasar itu Hasto meyakini kampanye Prabowo-Sandiaga ke pasar hingga ibu-ibu tidak akan berdampak sama sekali bagi elektabilitas keduanya di Pilpres 2019.

"Apapun Pak Sandi kan sosok pengusaha yang sangat kaya. Demikian juga Pak Prabowo, terlebih dengan preferensi orang tua, maupun mertuanya," ujar Hasto dalam pesan tertulis, Selasa (16/10).


Hasto juga menyinggung kekuatan kapital Prabowo-Sandiaga yang ia sebut mencapai triliunan. Kekuatan itu, kata dia, membuat Prabowo-Sandiaga meniru gaya kampanye Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Sementara, Hasto menilai gaya kampanye Trump tak seperti gaya politik yang ditampilkan Jokowi-Ma'ruf.

"Terbukti kepemimpinan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf yang orisinal menjadi role model kepemimpinan rakyat kebanyakan, tanpa modal kapital berlebihan," ujarnya.

Hasto lantas mengklaim Jokowi-Ma'ruf mewakili kesetaraan pemimpin dengan masyarakat karena pasangan nomor urut 01 itu bukan pengusaha dan anak orang kaya.

"Melalui sosok paslon 01 ini, rakyat bisa merasakan pentingnya kesetaraan antara pemimpin dan rakyatnya," ujar Hasto 

Hasto memaparkan Jokowi dan Ma'ruf merupakan pemimpin yang secara legitimasi berproses dari bawah. Jokowi, kata dia, memulai karier politiknya dari wali kota, gubernur, dan menjadi presiden.

Sedangkan Ma'ruf, kata dia, sangat kental dengan tradisi ulama yang begitu dekat dengan umatnya. Proses yang dijalani oleh Jokowi-Maruf itu, menurut Hasto telah menginspirasi jutaan masyarakat Indonesia.

"Melalui Pak Jokowi mereka bisa bermimpi bahwa pemimpin bisa lahir dari kalangan mereka sendiri. Inilah alasan fundamantal yang hidup di batin rakyat bahwa Jokowi adalah kita," ujarnya. (jps/wis)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK